DANU HERWANSYAH (2014) PENGARUH TERPAAN LABEL PERINGATAN BAHAYA MEROKOK PADA KEMASAN ROKOK TERHADAP MINAT BERHENTI MEROKOK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.rtf
Download (639kB)
Bab I.rtf
Download (388kB)
Bab II.rtf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Bab III.rtf
Restricted to Registered users only
Download (886kB)
Bab IV.rtf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Terpaan Label Peringatan Bahaya Merokok pada Kemasan Rokok terhadap Minat Berhenti Merokok Remaja di Desa Condong Catur, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh terpaan label peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok terhadap minat berhenti merokok remaja. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah sebagian remaja (usia 12-24 tahun) perokok di Desa Condong Catur, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan metode cluster sampling. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa kebanyakan responden 53,0% menilai “Jarang” variabel terpaan label peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok, kebanyakan responden 52,0% menilai “Setuju” variabel minat berhenti merokok remaja. Hasil analisis Regresi Linier menunjukkan bahwa variabel terpaan label peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok mempunyai pengaruh positif terhadap minat berhenti merokok remaja dengan nilai probabilitas t-hitung 0,008 < Level of Significant = 0,05. Hal ini dapat diartikan, jika terpaan label peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok meningkat, maka minat berhenti merokok remaja akan mengalami peningkatan. Hasil analisis diperoleh R2 sebesar 0,069, artinya variabel dependen dalam model yaitu minat berhenti merokok remaja dijelaskan oleh variabel independen yaitu terpaan label peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok sebesar 6,9%, sedangkan sisanya sebesar 93,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar model, misalnya bintang iklan, tema iklan, desain iklan, dll.
Kata kunci : Terpaan Label Peringatan Bahaya Merokok, Minat Berhenti Merokok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TERPAAN LABEL PERINGATAN BAHAYA MEROKOK MINAT BERHENTI MEROKOK |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:47 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15523 |