AKTIVITAS CUSTOMER SERVICE SOPHIE PARIS DI BC (BUSINESS CENTER) KRISTINA DANUDIBROTO YOGYAKARTA

AGRA SYAIFUTRA (2014) AKTIVITAS CUSTOMER SERVICE SOPHIE PARIS DI BC (BUSINESS CENTER) KRISTINA DANUDIBROTO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.rar
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu permasalahan tentang aktivitas customer service penanganan komplain sebagai sarana penunjang peningkatan pelayanan oleh asisten BC Sophie Paris di BC Kristiana Danudibroto Yogyakarta dan bagaimana strategi komunikasi yang digunakan asisten BC dalam mengatasi komplain melalui proses komplain handling oleh customer service. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa strategi-strategi customer service yang harus dilakukan oleh asisten BC dalam meningkatkan kepuasaan dan menjaga loyalitas member Sophie Paris.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi langsung selama proses wawancara dengan asisten BC dan member Sophie Paris di BC Kristiana Danudibroto Yogyakarta. Wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara selama wawancara berlangsung serta pencatatan dokumen yang mendukung penelitian. Sementara Tekhnik analisis data dengan menggunakan tehnik analisi deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisa yang dilakukan adalah dengan melakukan pengolahan data yang mengacu pada strategi komunikasi customer service dalam komplain handling. Kemudian, hasil olahan data digunakan untuk mendeskripsikan komplain handling asisten BC dalam menangani komplain member Sophie Paris di BC Kristiana Danudibroto Yogyakarta.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa asisten BC Sophie Paris Kristiana Danudibroto Yogyakarta memiliki strategi customer service yang bersifat responsive customer service sebagai bagian terdepan dalam meningkatkan kepuasaan dan menjaga loyalitas member Sophie Paris.

Kata kunci : Komplain Handling, Customer Service, Aktivitas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KOMPLAIN HANDLING CUSTOMER SERVICE AKTIVITAS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:33
Last Modified: 20 Jun 2022 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15538

Actions (login required)

View Item
View Item