FERINESA LARASATI (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.docx
Download (331kB)
Bab I.docx
Download (64kB)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only
Download (70kB)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only
Download (28kB)
Abstract
Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan prestasi Belajar Anak Tunarungu di SLB Negeri 1 Gunungkidul
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V jenjang SDLB di SLB Wonosari Gunungkidul untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya pada anak tunarungu yang berjumlah 4 peserta didik. Dalam melakukan proses pembelajaran untuk anak luar biasa, seorang guru harus memiliki strategi pembelajaran khusus yang menarik agar menciptakan proses pembelajaran yang efektif. seorang guru yang diberi amanah untuk mendidik anak luar biasa, maka guru tersebut harus memiliki kesabaran dan keahlian khusus dalam mendidik anak luar biasa tersebut. Karena anak yang luar biasa harus lebih mendapatkan pelayanan dan perhatian yang lebih baik dari anak yang normal
Dalam penelitian ini pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisanya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, untuk memahami fenomena yang dialami oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menyampaikan materi kepada peserta didik membuahkan hasil yang memuaskan. Sebagian besar peserta didik mencapai nilai ketuntasan. Penilaian yang dilakukan guru pendidikan agama Islam jenjang SDLB di SLB N 1 Gunugkidul sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah tes tertulis yang disusun sedemikian rupa sehingga tes tertulis menjadi relatif efektif.
Kata kunci : strategi, tunarungu, prestasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN TUNARUNGU PRESTASI |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15542 |