STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 GUNUNGKIDUL

FERINESA LARASATI (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (331kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (64kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan prestasi Belajar Anak Tunarungu di SLB Negeri 1 Gunungkidul
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V jenjang SDLB di SLB Wonosari Gunungkidul untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya pada anak tunarungu yang berjumlah 4 peserta didik. Dalam melakukan proses pembelajaran untuk anak luar biasa, seorang guru harus memiliki strategi pembelajaran khusus yang menarik agar menciptakan proses pembelajaran yang efektif. seorang guru yang diberi amanah untuk mendidik anak luar biasa, maka guru tersebut harus memiliki kesabaran dan keahlian khusus dalam mendidik anak luar biasa tersebut. Karena anak yang luar biasa harus lebih mendapatkan pelayanan dan perhatian yang lebih baik dari anak yang normal
Dalam penelitian ini pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisanya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, untuk memahami fenomena yang dialami oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menyampaikan materi kepada peserta didik membuahkan hasil yang memuaskan. Sebagian besar peserta didik mencapai nilai ketuntasan. Penilaian yang dilakukan guru pendidikan agama Islam jenjang SDLB di SLB N 1 Gunugkidul sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah tes tertulis yang disusun sedemikian rupa sehingga tes tertulis menjadi relatif efektif.

Kata kunci : strategi, tunarungu, prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN TUNARUNGU PRESTASI
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:33
Last Modified: 20 Jun 2022 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15542

Actions (login required)

View Item
View Item