KINERJA PT. JOGJA TUGU TRANS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN BUS TRANS JOGJA

GESHAR RIZKA MAULA (2014) KINERJA PT. JOGJA TUGU TRANS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN BUS TRANS JOGJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Transportasi merupakan komponen utama dalam sistem hidup dan kehidupan, sistem pemerintahan, dan sistem kemasyarakatan.Kondisi demografis wilayah juga memiliki pengaruh terhadap kinerja sistem transportasi di wiayah tersebut. Tingkat kepadatan penduduk juga akan memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan sistem transportasi dalam melayani kebutuhan masyarakat. Transportasi yang ada di Yogyakarta salah satunya adalah bus Trans Jogja. Penting untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan bus tersebut karena dalam surat pembaca yang ada di media massa beberapa penumpang mengungkapkan keluhannya berkaitan dengan penurunan kualitas pelayanan bus tersebut. Trans Jogja adalah sebuah sistem transportasi bus cepat, murah dan ber-AC di seputar Kota Yogyakarta.Adanya keinginan untuk peningkatan dan pengembangan kualitas layanan transportasi bus melalui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan pelanggan dan menghubungkannya dengan respon-respon teknis yang diberikan, sehingga dapat digunakan untuk peningkatan dan pengembangan kualitas layanan Bus Patas Trans Jogja. Upaya meningkatkan minat masyarakat menggunakan Trans Jogja masih terkendala berbagai kerusakan armada
Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (a) bagaimana kinerja PT.Tugu Trans Jogja dalam meningkatkan kualitas pelayanan bus Trans Jogja?; (b) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat kinerja PT.Tugu Trans Jogja dalam meningkatkan kualitas pelayanan bus Trans Jogja?; (c) Bagaimana dengan peluang yang dimiliki bus Trans Jogja?.Penelitian ini bersifat deskriptif dengan penjelasan yang bersifat kualitatif. Informan penelitian ini adalah: (a) Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT.Tugu Trans Jogja; (b) Direktur Operasional dan Teknik PT.Tugu Trans Jogja; (c) Masyarakat yang menggunakan jasa bus Trans Jogja. Peneliti dalam menganalisa data dan melakukan penelitian menggunakan analisa kualitatif.
Disimpulkan bahwa Kinerja PT.Tugu Trans Jogja dalam meningkatkan kualitas pelayanan bus Trans Jogja berkaitan dengan aspek produktivitas, kualitas, responsibilitas, akuntabilitas sudah baik. Berkaitan dengan responsivitas yang diberikan PT. Jogja Tugu Trans nampaknya kurang baik.
Faktor yang menjadi pendukung kinerja PT. Jogja Tugu Trans yaitu regulasi dan dukungan manajemen, sedangkan faktor yang menjdi penghambat kinerja PT.Tugu Trans Jogja dalam meningkatkan kualitas pelayanan bus Trans Jogja adalah kualitas sumber daya manusia dan anggaran.Berkaitan dengan peluang yang dimiliki bus Trans Jogja sangat baik. Hal ini karena pengelola Trans Jogja adalah PT. Jogja Tugu Trans, sebagai wujud konsorsium empat koperasi pengelola transportasi umum kota dan pedesaan di Yogya (Koperasi Pemuda Sleman, Kopata, Aspada, dan Puskopkar) dan Perum DAMRI. Artinya berbagai bus yang ada di Yogyakarta bukan merupakan kompetitor dari bus Trans Jogja.

Kata Kunci: Kinerja, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KINERJA KUALITAS PELAYANAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 09:00
Last Modified: 28 Dec 2021 09:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item
View Item