EKOLOGI MEDIA SURAT KABAR DI YOGYAKARTA DALAM IKLAN BARIS (KAJIAN TEORI NICHE ANTARA KEDAULATAN RAKYAT DAN TRIBUN JOGJA EDISI BULAN NOVEMBER 2013, MARET 2014, DAN APRIL 2014 DALAM IKLAN BARIS)

ANA FITRIANA (2014) EKOLOGI MEDIA SURAT KABAR DI YOGYAKARTA DALAM IKLAN BARIS (KAJIAN TEORI NICHE ANTARA KEDAULATAN RAKYAT DAN TRIBUN JOGJA EDISI BULAN NOVEMBER 2013, MARET 2014, DAN APRIL 2014 DALAM IKLAN BARIS). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (69kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (42kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (121kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menganalisa persaingan Surat Kabar Kedaulatan Rakyat dan Surat Kabar Tribun Jogja dalam memperebutkan iklan baris, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui niche breadth Surat Kabar Kedaulatan Rakyat dan Tribun Jogja, serta niche overlap diantara keduanya dalam memperebutkan iklan baris. Kerangka teori dalam penelitian ini antara lain Ekologi Media Massa, Surat Kabar Lokal, Fungsi Iklan bagi Surat Kabar, dan Teori Niche. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis isi dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh iklan baris di Surat Kabar Kedaulatan Rakyat dan Surat Kabar Tribun Jogja edisi Bulan November 2013, Maret 2014, dan April 2014. Sedangkan sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yang diteliti, karena jumlah populasi yang diteliti terbatas. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah studi kepustakaan dan analisis isi surat kabar. Uji reliabilitas digunakan dalam rangka menguji validitas penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai niche breadth yang didapatkan oleh Surat Kabar Kedaulatan Rakyat adalah 6,456 yang berarti bahwa pola kehidupan Surat Kabar Kedaulatan Rakyat adalah cenderung spesialis dan nilai niche breadth yang didapatkan oleh Surat Kabar Tribun Jogja adalah 9,965 yang berarti bahwa pola kehidupan Surat Kabar Tribun Jogja adalah moderat. Secara ekologis, kompetisi dalam memperebutkan iklan baris di antara kedua surat kabar tersebut dimenangkan oleh Surat Kabar Tribun Jogja. Karena semakin generalis suatu media, maka semakin besar pula peluang untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai niche overlap antara Surat Kabar Kedaulatan Rakyat dan Surat Kabar Tribun Jogja adalah 0,3421 yang berarti bahwa kompetisi di antara kedua surat kabar tersebut edisi Bulan November 2013, Maret 2014, dan April 2014 berlangsung ketat dalam memperebutkan iklan baris.

Kata kunci : Ekologi Media, Kompetisi, Iklan Baris

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EKOLOGI MEDIA, KOMPETISI, IKLAN BARIS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2022 07:52
Last Modified: 18 Feb 2022 07:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item
View Item