ODHA DALAM FILM PEREMPUAN PUNYA CERITA-SEGMEN CERITA JAKARTA DAN MIKA (ANALISIS NARATIF ORANG DENGAN HIV/AIDS DALAM FILM PEREMPUAN PUNYA CERITA-SEGMEN CERITA JAKARTA DAN FILM MIKA)

ANIQ SAADAH (2014) ODHA DALAM FILM PEREMPUAN PUNYA CERITA-SEGMEN CERITA JAKARTA DAN MIKA (ANALISIS NARATIF ORANG DENGAN HIV/AIDS DALAM FILM PEREMPUAN PUNYA CERITA-SEGMEN CERITA JAKARTA DAN FILM MIKA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.doc

Download (74kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.doc

Download (6MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

Persoalan HIV/AIDS yang terjadi di Indonesia saat ini tidak hanya persoalan moral dan kesehatan masyarakat, namun lebih terkonstruksi sebagai isu politik. Sikap masyarakat yang cenderung memberikan stigma negatif dan diskriminasi terhadap Odha, membuat kondisi Odha semakin parah. Untuk meminimalisir stigma negatif dan deskriminasi ini, maka muncullah film Perempuan Punya Cerita-Segmen Cerita Jakarta dan Mika yang berusaha menyuguhkan bagaimana gambaran perjuangan Odha dalam masyarakat.Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dianalisisa dengan menggunakan analisis naratif, yang fokus pada struktur narasi Todorov dan fungsi karakter Greimas, dengan fokus penelitian bagaimana narasi Odha di Indonesia serta melihat ideologi yang tersembunyi yang dikonstruksikan melalui film Perempuan Punya Cerita-segmen Cerita Jakarta. Melalui analisis naratif, kita akan mengetahui nilai-nilai dominan, ideologi dan perubahan-perubahan yang ada dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini tidak hanya memberikan gambaran perjuangan hidup Odha di masyarakat. Lebih dari itu, film yang dibuat dengan tujuan memberikan kepedulian terhadap Odha dari stigma negatif dan diskriminasi ini justru memberikan kritikan terhadap pembuatnya sendiri. Penelitian yang menggunakan analasis naratif dengan fokus penelitian pada struktur narasi Todorov dan analisis karakter narasi Greimas ini menemukan bahwasannya pembuat cerita hanya sekedar mereproduksi realitas yang ada di masyarakat. Dimana Odha ditampilkan sebagai musuh masyarakat (folk devil), ditemukan juga adanya represi Orde Baru dan adanya komoditas kemalangan Odha yang dimunculkan oleh sang sutradara. Hanya saja penolakan terhadap Odha yang digambarkan dalam kedua film ini ternyata sangat berbeda saat bersentuhan dengan gender, yang menampilkan sosok Odha dalam tokoh perempuan sebagai korban dan sosok Odha dalam tokoh laki-laki sebagai pahlawan.

Kata kunci : Naratif, ODHA, Film

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: NARATIF ODHA FILM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:40
Last Modified: 21 Jun 2022 06:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15599

Actions (login required)

View Item
View Item