STUDENTS' PERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM

Anggun Sundari (2020) STUDENTS' PERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menghadapi proses pembelajaran yang semakin maju, seorang guru juga harus mampu menggunakan atau memilih metode pembelajaran yang baru. Flipped classroom merupakan salah satu metode pembelajaran dengan cara yang berbeda yaitu memberikan materi di pra kelas (sebelum kelas) dan mempraktikkannya di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan kesulitan penerapan flipped classroom berdasarkan persepsi siswa. Peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini dan menggunakan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa semester satu yang mengikuti mata kuliah penerapan model kelas terbalik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga manfaat penerapan flipped classroom dan lima kesulitan dalam penerapan flipped classroom. Manfaat penerapan flipped classroom adalah: memungkinkan fleksibilitas dalam belajar (waktu dan tempat serta mengakses materi), memfasilitasi diskusi, dan meningkatkan kesiapan siswa untuk belajar. Kesulitan pelaksanaan flipped classroom adalah: kolaborasi yang tidak efektif, durasi materi video, kurangnya penjelasan dari dosen, masalah koneksi internet, dan penundaan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:43
Last Modified: 30 Oct 2021 07:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1560

Actions (login required)

View Item
View Item