STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL DALAM MENGKAMPANYEKAN PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH ( STUDI KASUS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL PAGUYUBAN SUKUNAN BERSEMI DALAM MENGKAMPANYEKAN PROGRAM SWAKELOLA SAMPAH MANDIRI DI DUSUN SUKUNAN, SLEMAN TAHUN 2003 – 2009 )

KARTINI (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL DALAM MENGKAMPANYEKAN PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH ( STUDI KASUS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL PAGUYUBAN SUKUNAN BERSEMI DALAM MENGKAMPANYEKAN PROGRAM SWAKELOLA SAMPAH MANDIRI DI DUSUN SUKUNAN, SLEMAN TAHUN 2003 – 2009 ). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis strategi komunikasi pemasaran sosial yang digunakan di dusun Sukunan, Sleman dalam mengkampanyekan program pengelolaan sampah mandiri yang disebut dengan program Swakelola Sampah Mandiri. Program tersebut merupakan program yang dilakukan untuk mengubah perilaku warga dusun Sukunan dalam melakukan pengelolaan sampah secara mandiri dari rumah tangga dan dikelola secara komunal di dusun Sukunan untuk kepentingan bersama.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus untuk untuk memberikan gambaran secara detail tentang langkah – langkah yang khas yang dilakukan oleh pihak Paguyuban Sukunan Bersemi dalam merubah perilaku masyarakat di dusun Sukunan terkait kampanye proses pengelolaan Swakelola Sampah Mandiri.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program kampanye pengelolaan sampah mandiri yang dilakukan oleh pihak Paguyuban Sukunan Bersemi terbilang mampu merubah perilaku masyarakat dalam melakukan penanganan terhadap sampah. Hal ini dikarenakan adanya tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dengan melibatkan elemen masyarakat di Sukunan. Partisipasi elemen masyarakat di Sukunan dan adanya partnership yang baik dengan berbagai pihak menjadi kunci keberhasilan pemasaran sosial di Sukunan, meski masih ada yang belum dapat diselesaikan seperti hambatan akan kualitas SDM dan kurangnya promosi dengan menggunakan media massa.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Sosial, Strategi Komunikasi, Pengelolaan Sampah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL STRATEGI KOMUNIKASI PENGELOLAAN SAMPAH
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 08:33
Last Modified: 28 Dec 2021 08:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15603

Actions (login required)

View Item
View Item