MUHAMMAD HASAN SYAMSUDIN (2014) STRATEGI SOCIAL MARKETING MUHAMMADIYAH TOBACCO CONTROL CENTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (MTCC UMY) DALAM MEMBENTUK KESADARAN AKAN BAHAYA MENGKONSUMSI ROKOK DI KALANGAN REMAJA TAHUN 2013-2014. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (262kB)
Bab I.docx
Download (2MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (97kB)
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai strategi social marketing MTCC UMY dalam membentuk kesadaran akan bahaya mengkonsumsi rokok di kalangan remaja selama tahun 2013-2014. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai strategi social marketing MTCC UMY dalam membentuk kesadaran akan bahaya mengkonsumsi rokok di kalangan remaja selama tahun 2013-2014.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dan peneliti sebagai instrumen utama penelitian, dimana pengumpulan data didapatkan melalui wawancara mendalam, studi kepustakaan dan dokumentasi serta observasi langsung terhadap objek yang diteliti. Lokasi dalam penelitian ini bertempat di Gedung Asri Medical Center Lantai 2 Sektor Utara, Jalan. HOS Cokroaminoto 17 Yogyakarta. Adapun analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui berbagai tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menganalisis data dan kesimpulan. Dalam hal validitas data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa fokus isu yang dikampanyekan adalah mengenai bahaya akan mengkonsumsi rokok. Strategi pemasaran sosial yang dilakukan adalah dengan mengkampanyekan isu tersebut di kalangan remaja dengan berbagai kegiatan, pertama adalah kegiatan pengadaan media pemasaran seperti pembuatan web page MTCC UMY, akun grup facebook MTCC UMY, akun twitter MTCC UMY, iklan MYAFTC dalam akun youtube, poster cetak, factsheet dan spanduk. Kedua, penyelenggaraan aktivitas promosi untuk kalangan umum, seperti penyelenggaraan dialog interaktif di radio, dialog interaktif di televisi, workshop dan juga dialog multi stakeholder. Ketiga adalah dengan menyelenggarakan kegiatan khusus seperti Aksi Kampanye WNTD 2013, Ajang Pemilihan Duta anti Rokok MTCC UMY 2013 dan Training Duta Anti Rokok MTCC UMY 2013. Kegiatan kampanye keseluruhan berjalan dengan baik walaupun ada beberapa masukan yang perlu diadopsi dalam implementasi strategi pemasaran sosial.
Kata Kunci: Social Marketing, MTCC UMY, Bahaya Rokok
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SOCIAL MARKETING MTCC UMY BAHAYA ROKOK |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 04:43 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 04:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15604 |