KOMUNIKASI ORGANISASI BADAN PELAYANAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU KOTA TANGERANG DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN

AHMAD WAHYUDIN (2014) KOMUNIKASI ORGANISASI BADAN PELAYANAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU KOTA TANGERANG DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.rtf

Download (512kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Rendahnya mutu pelayanan dalam organisasi pemerintah bukan menjadi rahasia lagi. Tidak jarang masyarakat dibuat kecewa dengan kinerja pemerintahan. Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Pelayanan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPPMPT) bertanggung jawab dalam mengambil peran pemberian pelayanan. Penelitian ini mengangkat pengelolaan komunikasi internal di Badan Pelayanan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kota Tangerang dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara BPPMPT mengelola komunikasi di internalnya dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung serta penghambat pengelolaan komunikasi yang mereka lakukan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan, sehingga ditahun 2011 banyak mendapatkan penghargaan nasional.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus. Sedangkan metode penelitiannya berkenaan dengan pertanyaan how atau why, peneliti hanya memiliki sedikit peluang mengontrol peristiwa-peristiwa yang akan diselidiki dan fokus penelitiannya terletak pada fenomena masa kini di dalam konteks kehidupan nyata (K. Yin, 2008: 1). Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan komunikasi yang dilakukan di internal BPPMPT, baik komunikasi kelompok dalam penelitian, komunikasi dalam pertemuan-pertemuan internal BPPMPT, serta komunikasi personal dalam pengarahan yang merupakan komunikasi internal dilakukan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan perizinan.
Analisis yang dilakukan dari data yang di dapat menunjukan bahwa komunikasi internal BPPMPT memiliki andil yang signifikan tarhadap upaya-upaya untuk peningkatan mutu pelayanan yang mereka lakukan. Dimana upaya-upaya yang mereka lakukan pada akhirnya merujuk pada konsep-konsep yang terdapat dalam Pelayanan Prima (Service Exelleance)
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Pelayanan, Aktifitas Komunikasi Internal, BPPMPT.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI ORGANISASI-PELAYANAN-AKTIFITAS KOMUNIKASI INTERNAL-BPPMPT.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 08:33
Last Modified: 28 Dec 2021 08:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15611

Actions (login required)

View Item
View Item