IKE PRIMALIA ALVEONITA P (2013) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RSGMP UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (43kB)
Abstract.pdf
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (31kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (30kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (55kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7kB)
Abstract
Latar Belakang : Karakteristik pasien adalah ciri khas yang melekat pada diri pengguna pelayanan kesehatan dan diasumsikan dapat menimbulkan reaksi afeksi yang sama atau berbeda. Reaksi afeksi ini sangat ditentukan oleh latar belakang individu, seperti pendidikan, umur, jenis kelamin, pendapatan. Besarnya pengaruh karakteristik pasien pada aspek kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit dapat menimbulkan perasaan puas atau tidak puas. Kepuasan pasien merupakan suatu perasaan sebagai respon terhadap jasa yang telah mereka dapat.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien.
Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan menggunakan desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah semua pasien berusia 18-60 tahun sebanyak 100 orang yang telah mendapatkan perawatan gigi dan mulut oleh mahasiswa ko-ass. Data yang sudah diperoleh diolah menggunakan uji Chi-square.
Hasil : Nilai signifikansi dari hasil uji Chi-square pada hubungan jenis kelamin dengan kepuasan pasien adalah 1,000. Nilai signifikansi pada hubungan umur dengan kepuasan pasien adalah 0,604. Nilai signifikansi pada hubungan pendidikan dengan kepuasan pasien adalah 0,964. Nilai signifikansi pada hubungan penghasilan dengan kepuasan pasien adalah 0,045.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin, umur dan pendidikan dengan tingkat kepuasan pasien, dan terdapat hubungan antara penghasilan dengan tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci: karakteristik pasien, kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KARAKTERISTIK PASIEN KEPUASAN PASIEN |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 04:45 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 04:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15612 |