ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RSGMP UMY

IKE PRIMALIA ALVEONITA P (2013) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RSGMP UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)

Abstract

Latar Belakang : Karakteristik pasien adalah ciri khas yang melekat pada diri pengguna pelayanan kesehatan dan diasumsikan dapat menimbulkan reaksi afeksi yang sama atau berbeda. Reaksi afeksi ini sangat ditentukan oleh latar belakang individu, seperti pendidikan, umur, jenis kelamin, pendapatan. Besarnya pengaruh karakteristik pasien pada aspek kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit dapat menimbulkan perasaan puas atau tidak puas. Kepuasan pasien merupakan suatu perasaan sebagai respon terhadap jasa yang telah mereka dapat.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien.
Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan menggunakan desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah semua pasien berusia 18-60 tahun sebanyak 100 orang yang telah mendapatkan perawatan gigi dan mulut oleh mahasiswa ko-ass. Data yang sudah diperoleh diolah menggunakan uji Chi-square.
Hasil : Nilai signifikansi dari hasil uji Chi-square pada hubungan jenis kelamin dengan kepuasan pasien adalah 1,000. Nilai signifikansi pada hubungan umur dengan kepuasan pasien adalah 0,604. Nilai signifikansi pada hubungan pendidikan dengan kepuasan pasien adalah 0,964. Nilai signifikansi pada hubungan penghasilan dengan kepuasan pasien adalah 0,045.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin, umur dan pendidikan dengan tingkat kepuasan pasien, dan terdapat hubungan antara penghasilan dengan tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci: karakteristik pasien, kepuasan pasien

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KARAKTERISTIK PASIEN KEPUASAN PASIEN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:45
Last Modified: 14 Jun 2022 04:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item
View Item