PROGRAM MUBALIGH HIJRAH PADA PENINGKATAN PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA BANGUN JIWO

KAMAL HAYAT (2013) PROGRAM MUBALIGH HIJRAH PADA PENINGKATAN PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA BANGUN JIWO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.rtf

Download (137kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (33kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Program Mubaligh Hijrah Pada Peningkatan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Desa Bangunjiwo ini berawal dari kegelisahan penulis tentang pelaksanaan kegiatan dakwah khususnya pengamalan kegiatan keagamaan kurang maksimal dan terkesan monoton. Hal itu dikarenakan dari tidak sistematinya pelaksanaan keagamaan, tidak intensif, tidak menyeluruh, dan masih banyak lagi. Padahal dakwah seharusnya mendorong para pemeluknya untuk meningkatkan kualitas keagamaanya kepada seluruh aspek kehidupan. Adapun pendekatan penelitian ini yaitu diskriptif kualitatif. Tujuan yang ingin diperoleh yaitu: Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Mubaligh Hijrah didesa Bangunjiwo, Untuk mengetahui peningkatan keagamaan masyarakat didesa Bangunjiwo setelah adanya Mubaligh Hijrah dan Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi masyarakat didesa Bangunjiwo dan mahasiswa terkait dengan kegiatan Mubaligh Hijrah didesa tersebut.

Program Mubaligh Hijrah merupakan sebuah syiar islam dan pendampingan kepada masyarakat untuk meningkatkan semangat berkeagamaan di dalam bulan ramadhan yang di bentuk dan dilaksanakan oleh persyarikatan Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta dari Pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang, hingga ranting. Pelaksanaan Mubaligh hijrah yang bertempat salah satunya di desa Bangunjiwo
kendala yang dihadapi dalam program ini bagi masyarakat bangun Jiwo di antaranya yaitu dalam hal berkomunikasi karena tidak semua para peserta Mubaligh hijrah dapat berbahasa jawa dan cukup banyaknya masyarakat/ jamaah yang masih terbata-bata dalam berbahasa Indonesia khususnya disini adalah lansia. Tidak hanya dalam menerima materi saat kultum atau ceramah, mereka juga agak terkendala dalam interaksi sehari-hari.
.

Kata kunci: Dakwah, Mubaligh Hijrah, Program, Keagamaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DAKWAH, MUBALIGH HIJRAH, PROGRAM, KEAGAMAAN.
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:38
Last Modified: 21 Jun 2022 06:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15623

Actions (login required)

View Item
View Item