I MADE SANTANA (2014) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN FARMASIRAWAT JALAN PADA PASIEN JAMKESMAS DI RSUPDR. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.docx
Download (123kB)
![[thumbnail of Abstract]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstract.docx
Download (18kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.docx
Download (30kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Abstract
Latar Belakang:RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten merupakan salah satu Rumah Sakit Umum Pusat Tipe B Pendidikan yang terletak di Klaten Jawa Tengah. Pada Tahun 2008 tertanggal 25 Januari dinyatakan lulus Akreditasi Penuh Tingkat Lengkap.
Metode: jenis penelitian riset deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pasien jamkesmas di instalasi farmasi rawat jalan. Jumlah sampel 100 responden. Uji analisis menggunakan regresi berganda.
Hasil dan Pembahasan:diperoleh koefesien korelasi 1,010 hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh kuat terhadap pemanfaatan pelayanan farmasi rawat jalan (Y). Persamaan regresi yg didapat Y = 0,519X1 + 0,309X2–0,031X3. Nilai koefesien determinasi Adjusted (R2) 0,538, ini menjelaskan bahwa variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik dapat menjelaskan variabel pemanfaatan pelayanan farmasi sebesar 53,8%. Nilai F hitung 59,410, signifikan F 0,000 kepercayaan 96%. Faktor-faktor kualitas pelyanan yang berpengaruh terhadap pemanfaatan pelayanan farmasi pada pasien jamkesmas rawat jalan di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klatenadalah kualitas interaksi (0,519, p=0,000) dan kualitas lingkungan fisik (0,309, p=0,001). Sedangkan untuk variabel kualitas hasil tidak berpengaruh terhadap pemanfaatan pelayanan farmasi pada pasien jamkesmas rawat jalan di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten yaitu kualitas hasil (-0,031, p=0,756).
Kesimpulan dan Saran:faktor-faktor kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap pemanfaatan pelayanan farmasi pada pasien jamkesmas rawat jalan di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten adalah kualitas interaksi dan kualitas lingkungan fisik.
Kata Kunci:Kualitas Interaksi, Kualitas Lingkungan Fisik, Kualitas Hasil, Instalasi Farmasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KUALITAS INTERAKSI, KUALITAS LINGKUNGAN FISIK, KUALITAS HASIL, INSTALASI FARMASI |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:27 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15628 |