STRATEGI KAMPANYE KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN RINJANI TIMUR ( STUDI KASUS TENTANG PENGELOLAAN HUTAN DALAM UPAYA MENYADARKAN MASYARAKAT DESA MEKAR SARI KABUPATEN LOMBOK TIMUR TERHADAP PENTINGNYA PENGELOLAAN DAN HAK MILIK HUTAN LINDUNG TAHUN 2012 - 2013)

AZZARQA HAIKAL FAIZI (2014) STRATEGI KAMPANYE KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN RINJANI TIMUR ( STUDI KASUS TENTANG PENGELOLAAN HUTAN DALAM UPAYA MENYADARKAN MASYARAKAT DESA MEKAR SARI KABUPATEN LOMBOK TIMUR TERHADAP PENTINGNYA PENGELOLAAN DAN HAK MILIK HUTAN LINDUNG TAHUN 2012 - 2013). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

Penelitian strategi kampanye pada dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan Rinjani Timur berlatarblakang kondisi hutan yang setiap tahunnya mengalami penurunan luas akibat pengerusakan, pembukaan lahan dan lain sebagainya terutama desa Mekar Sari, oleh Karena itu dalam penelitian ini fokuskan dalam menganalisis permasalahan yang ada di lapangan, mulai dari strategi penyampaian pesan, isi pesan atau cara mengkontruksi pesan dan juga bagaimana timbal balik yang diterima KPH dari masyarakat setempat dengan melihat mulai dati tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Sehingga diinginkan setelah pelaksanaan kampanye ini masyarakat dapat berubah yang semula melakukan perusakan terhadap hutan kini menjadi menjaga hutan, menyadari hutan adalah kebutuhan jangka panjang yang harus dijaga kelestrariannya. Kegiatan kampanye yang dilakukan oleh KPH Rinjani Timur bekerja sama dengan banyak lembaga lainnya yang juga memiliki fokus pada perawatan hutan, mulai dari kementrian kehutanan, BP DAS, Dinas Kehutanan, dan aparat Desa Setempat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode study kasus yang memberikan gamabaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat-sifat, serta karakter yang khas dari kasus yang diteliti yakni bagaimanan Strategi kampanye yang dilakukan oleh KPH Rinjani Timur untuk merubah masyarakat menjadi masyarakat yang lebih peduli terhadap hutan.
Hasil penelitian ini dipaparkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan pemaparan yang telah dilakukan menunjukan masih banyaknya pelanggaran hutan yang ada dikawasan Desa Mekar sari, dan juga belum efektifnya strategi kampanye KPH Rinjani Timur dalam menjalankan programnya yang terfokus pada program kemasyarakatan. Beberapa point yang menjadi penting adalag belum adanya peranan Humas di lembaga KPH Rinjani Timur yang menyebabkan adanya permasalah kehumasa.
Kata kunci : Kampanye Sosial, Komunikasi Internal, Humas (Hubungan Masyarakat, Riset.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KAMPANYE SOSIAL, KOMUNIKASI INTERNAL, HUMAS (HUBUNGAN MASYARAKAT, RISET.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:41
Last Modified: 20 Jun 2022 07:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item
View Item