HENY JULIANA SARI (2014) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM DAN IMPLEMENTASINYA DI TK ABA GADING III, GADING, PLAYEN, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (779kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanakurikulum yang digunakan di
TK ABAGading III, nilai-nilaikarakterapasaja yang ada di dalamkurikulumtersebut,
serta untuk melihat implementasipenanamanpendidikankarakter di sekolah tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi
penelitian di TK ABA Gading III pada tahun ajaran 2013/2014 yang jumlah siswanya
73 siswa, dengan mengambil sampel 17 siswa dan 1 guru kelas A1. Adapun teknik
pengumpulan datanya menggunakan 3 metode secara bersamaan yaitu observasi,
dokumentasi dan wawancara. Teknik analis data yang digunakan adalah
menggunakan deduktif dan induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan di TK ABA
Gading III sudah baik sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh dinas terkait.
Kurikulum tersebut telah memasukkan 18 karakter yang dicanangkan oleh
pemerintah, namun ada 6 karakter yang lebih menjadi prioritas penekanan di sekolah
ini ialah religius, jujur, disiplin, mandiri, kerja keras, dan tanggungjawab. Penentuan
6 point karakter tersebut berdasarkan musyawarah guru, kepala sekolah dan komite
tanpa melibatkan wali murid. Adapun proses implementasinya sudah berjalan baik,
guru mampu menjadi tokoh dalam penanaman pendidikan karakter tersebut kepada
siswa, akan tetapi masih perlu perbaikan agar pelaksanaan penanaman pendidikan
karakter disekolah semakin baik dan efektif.
Kata Kunci :pendidikankarakter, kurikulum
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDIDIKANKARAKTER, KURIKULUM |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:19 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15653 |