TRANSFORMASI BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI PENELITIAN DI KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL, DAN KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA)

ABDUL BASITH (2013) TRANSFORMASI BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI PENELITIAN DI KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL, DAN KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian Transformasi Birokrasi
Pelayanan Publik (Studi Penelitian Di Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul dan
Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta) dalam upaya pemerintah
kecamatan untuk meningkatkan kinerjanya dan mengoptimalkan peran birokrasi
dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Metode penelitian yang dipakai adalah menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif. Pemilihan para informan dengan memilih para informan yang
dianggap mempunyai informasi yaitu Camat, Sekretaris Kecamatan, para Kepala
Seksi, staf dan masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan di Kecamatan
Kasihan Bantul dan Kecamatan Gamping Sleman Yogyakarta.
Teknik analisis menggunakan metode gabungan antara metode kuantitatif
dengan metode kualitatif, maka peneliti akan melakukan pengolahan secara mix
methods.
Transformasi Birokrasi Pelayanan Publik ini mencakup Struktur dan
Kultur yang dilakukan oleh pegawai di Kecamatan Kasihan dan Kecamatan
Gamping guna memperbaharui birokrasi agar tetap melangsungkan perannya
(survive) sesuai tuntutan perkembangan dan efektif terhadap kebutuhan publik.
Transformasi Birokrasi Pelayanan Publik dilihat dari aspek Strukur dan
Kultur di Kecamatan Kasihan Bantul dan Kecamatan Gamping Sleman secara
umum dapat dikatakan cukup baik yang dipengaruhi oleh cara pikir pemahaman
serta visi dan misi organisasi, wewenang dan tanggung jawab dalam struktur
organisasi, kepemimpinan dan komitmen bersama selaras dengan tujuan
organisasi. Hal-hal tersebut perlu ditingkatkan kembali untuk menentukan
pencapaian tujuan organisasi yang lebih baik, serta memberikan yang terbaik
terhadap pelayanan yang berkualitas.
Kata kunci : transformasi, birokrasi, pelayanan publik, struktur organisasi, visimisi,
kultur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TRANSFORMASI, BIROKRASI, PELAYANAN PUBLIK, STRUKTUR ORGANISASI, VISIMISI, KULTUR.
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:19
Last Modified: 20 Jun 2022 07:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15657

Actions (login required)

View Item
View Item