Iffah Qonitah Ayuthufailah (2020) THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING TO DEVELOP STUDENTS' 21ST-CENTURY SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (168kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Bab I.pdf
Download (106kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (439kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (638kB)
Abstract
Keterampilan abad ke-21 menjadi keterampilan yang penting untuk dikuasai di era sekarang ini, keterampilan tersebut bertujuan membantu siswa untuk mengikuti arah kehidupan modern saat ini. Keterampilan abad ke-21 yang perlu dikuasai adalah kreativitas, berfikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi atau biasa disebut dengan 4Cs. Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) di sekolah sebagai model pembelajaran modern menjadi salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PjBL mengembangkan keterampilan abad ke-21 siswa di ELED (Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris) Universitas Swasta di Yogyakarta berdasarkan persepsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Wawancara dan analisis dokumen digunakan sebagai instrumen penelitian ini. Enam mahasiswa menjadi partisipan dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh ditulis berdasarkan pertanyaan penelitian. Temuan pertama terkait pertanyaan penelitian terdiri dari PjBL sebagai model pembelajaran yang menarik, PjBL sebagai wadah mahasiswa dalam berinovasi, dan PjBL sebagai implementasi terstruktur. Selanjutnya, terkait pertanyaan penelitian kedua menunjukkan PjBL mengembangkan keterampilan kreativitas, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, melatih keterampilan komunikasi, dan mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa. Singkatnya, penelitian ini juga memberikan informasi berharga bagi guru, peneliti dimasa depan, dan institusi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:04 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1567 |