ARINDO ROBBY (2013) SIKAP LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA (LKY) TERHADAP ETIKA DALAM IKLAN OBAT - OBATAN PADA MEDIA TELEVISI DI INDONESIA PERIODE JANUARI - SEPTEMBER TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only
Download (686kB)
Abstract
Masyarakat Indonesia sudah sering melihat iklan obat – obatan di televisi, dalam dunia farmasi obat – obat tersebut disebut obat bebas. Bagi sebagian besar masyarakat, obat bebas dapat dikatakan sangat bermanfaat karena masyarakat dapat membelinya tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeriksaan dokter. Hanya saja obat bebas juga memiliki efek samping bagi penggunannya, dan seharusnya iklan obat – obatan menampilkan efek samping dari penggunaan obat tersebut secara baik dan jelas. Hal ini sudah dicantumkan dalam Etika Pariwara Indonesia (EPI) bahwa iklan harus disampaikan secara etis dan mengikuti aturan – aturan yang telah ada didalam kitab EPI, khususnya pada iklan obat – obatan. Tetapi hampir semua iklan obat – obatan pada periode Januari – September tahun 2013 tidak menampilkan efek samping dari penggunaan obat tersebut bahkan melanggar aturan – aturan dalam EPI.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) terhadap etika dalam iklan obat – obatan pada periode Januari – September tahun 2013 yang menarik untuk diteliti karena banyak terjadinya pelanggaran etika dalam iklan obat - obatan terutama dalam EPI.
Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif, karena dalam penelitian ini ingin mengukur sikap dari Lembaga Konsumen Yogyakarta. Populasi dari penelitian ini adalah pengurus Lembaga Konsumen Yoyakarta. Jumlah sampel penelitian sebanyak 2 orang pengurus di LKY yang berwenang untuk memberikan sikap kepada etika periklanan di LKY.
Pada kesimpulan, terjadi permasalahan di dalam Lembaga Konsumen Yogyakarta. Karena terdapat perbedaan sikap atau ketidaksepahaman antara 2 pengurus Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) yang berwenang dalam pengambilan keputusan terkait dengan iklan, terhadap etika dalam iklan obat – obatan pada media televisi di Indonesia periode Januari – September tahun 2013.
Kata kunci : Sikap, Etika, Periklanan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SIKAP, ETIKA, PERIKLANAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 07:09 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 07:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15676 |