UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KALIBAWANG KULON PROGO YOGYAKARTA

RINA ALFIAN RATMININGSIH (2014) UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KALIBAWANG KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan komunikasi efektif.
Di samping itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru
dalam memotivasi siswa ketika mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Adapun metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini mewujudkan bahwa upaya guru pendidikan agama
Islam dalam memotivasi siswa dipengaruhi oleh memberikan ganjaran,
menumbuhkan minat, mengenal karakter, memberikan tugas, mengadakan ulangan,
pemberian angka dan kompetisi. Faktor pendukungnya dipengaruhi oleh adanya
kerjasama dengan Rohani Islam (ROHIS) dan organisasi sekolah yang ada, adanya
kerjasama dengan guru lain, adanya sarana dan prasarana yang memadai serta adanya
kesadaran siswa itu sendiri. Sedangkan faktor penghambat dipengaruhi oleh latar
belakang siswa dan pendidikan di rumah.
Penelitian ini juga menghasilkan gambaran adanya pengaruh motivasi belajar
dengan komunikasi efektif terhadap siswa. Motivasi belajar siswa tidak hanya
diperoleh di lingkungan sekolah tetapi siswa dapat memperolehnya dimana saja. Hal
ini berpengaruh terhadap latar belakang siswa yaitu mengenai latar belakang orang
tua baik dari segi sosial ekonomi maupun pendidikan. Dengan pendidikan orang tua
yang memadai maka siswa mendapat arahan dan pedoman untuk masa depan siswa
tersebut. Faktor lingkungan juga mempengaruhi, dengan lingkungan yang kondusif
siswa tidak terganggu sehingga siswa dapat belajar dengan baik.
Key – Words : Motivasi Belajar, Komunikasi Efektif, Pengaruh

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, KOMUNIKASI EFEKTIF, PENGARUH
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:49
Last Modified: 14 Jun 2022 03:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item
View Item