Padma Ovi Kusuma (2020) PENENTUAN NILAI KALOR LPG DAN EFISIENSI KALORIMETER ALIRAN DENGAN UDARA BERLEBIH (EXCESS AIR) 20. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kalorimeter aliran adalah alat yang biasa digunakan khususnya untuk menentukan nilai kalor suatu zat dengan media air sebagai penyerapan panas dan sirkulasinya. Air tersebut melakukan penyerapan panas dalam tabung pada saat proses pembakaran, sehingga air tersebut akan mengalami perubahan suhu. Perubahan suhu tersebut yang dapat digunakan dalam menentukan nilai kalor suatu zat . Zat yang digunakan yaitu liquified petroleum gas (LPG). Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya, dimana penelitian sebelumnya menggunakan persamaan stoikiometri dengan menggunakan variasi debit LPG 0,4 LPM dan 0,5 LPM dengan variasi debit udara 9,6 LPM dan 12 LPM. Dan hasil nilai kalor LPG dan efisiensi kalorimeter aliran yang dihasilkan memiliki perbedaan yang banyak dengan teoritiknya.
Pada penelitian lanjutan ini mengalami perubahan pada variasi debit udara namun menggunakan variasi debit LPG yang sama. Debit udara yang digunakan yaitu dengan cara penambahan udara berlebih (Excess Air). Variasi dalam penambahan udara berlebih yaitu dengan EA 20
Dosen Pembimbing: | TITO HADJI AGUNG SANTOSA, S.T., M.TII. and Teddy Nurcahyadi. S.T | NIDN0522027202, NIDN0506017902 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:37 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |