PERAN STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE DALAM TINGKAT KEPATUHAN MANDATORY DISCLOSURE KONVERGENSI IFRS

EKA RIANA HENDRAWATI (2014) PERAN STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE DALAM TINGKAT KEPATUHAN MANDATORY DISCLOSURE KONVERGENSI IFRS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan mandatory disclosure konvergensi Internasional Financial Reporting Standart (IFRS) pada perusahaan manufaktur, serta untuk mengetahui pengaruh dari struktur corporate governance (CG) terhadap tingkat kepatuhan mandatory disclosure konvergensi IFRS. Struktur corporate governance yang diukur dengan jumlah dewan komisaris, kepemilikan manajerial, proporsi komisaris independen, latar belakang pendidikan komisaris utama, proporsi komisaris wanita, dan jumlah anggota komite audit. Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 dan 2013. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 36 perusahaan. Uji analisis regresi berganda menunjukkan bahwa struktur corporate governance mempengaruhi tingkat kepatuhan mandatory disclosure konvergensi IFRS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata tingkat kepatuhan mandatory disclosure konvergensi IFRS di perusahaan manufaktur 86,9708%. Variabel struktur corporate governance yang berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan mandatoy disclosure konvergensi IFRS adalah jumlah anggota dewan komisaris dan jumlah anggota komite audit. Variabel kepemilikan manajerial, proporsi komisaris independen, latar belakang komisaris utama, dan proporsi komisaris wanita tidak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan mandatory disclosure konvergensi IFRS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRUKTUR CORPORSTE GOVERNANCE - TINGKAT KEPATUHAN MANDATORY DISCLOSURE KANVERGENSI IFRS - PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:26
Last Modified: 20 Jun 2022 04:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15734

Actions (login required)

View Item
View Item