Wahlul Khori Astatika (2020) THE IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING STRATEGIES TO STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (287kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Bab I.pdf
Download (108kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (592kB)
Abstract
Strategi Pembelajaran Inkuiri (ILS) merupakan kegiatan pembelajaran yang membutuhkan kemampuan maksimal seluruh siswa untuk mencari dan mengeksplorasi sesuatu (manusia, atau peristiwa) secara konsisten, kritis, logis, dan analitis, sehingga siswa dapat merumuskan temuannya sendiri dengan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan manfaat penggunaan ILS di kelas yang dirasakan siswa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian untuk mengumpulkan data penelitian ini. Peneliti melakukan observasi dan wawancara dalam mengumpulkan data yang lebih dalam tentang kegiatan pembelajaran dan manfaat pembelajaran di kelas dengan menggunakan ILS berdasarkan pengalaman peserta. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat aktivitas dan manfaat yang dilakukan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan ILS sebagai strategi pembelajaran di kelas. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi, pembuatan pertanyaan, sumber informasi lain, perencanaan investigasi, pengecekan ulang, pembuktian eksperimental, analisis dan interpretasi data, pemberian penjelasan dan prediksi dan terakhir, mengkomunikasikan hasil. Manfaatnya adalah meningkatkan rasa percaya diri, menunjukkan kemampuan, meningkatkan keterampilan siswa, dan memberikan kesempatan untuk berlatih berbicara dan mendengarkan. Kesimpulannya berdasarkan hasil yang ditemukan peneliti terdapat berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh siswa di dalam kelas dan dari kegiatan tersebut terdapat manfaat di dalamnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:32 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 04:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1584 |