Wahlul Khori Astatika (2020) THE IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING STRATEGIES TO STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
Abstract
Strategi Pembelajaran Inkuiri (ILS) merupakan kegiatan pembelajaran yang membutuhkan kemampuan maksimal seluruh siswa untuk mencari dan mengeksplorasi sesuatu (manusia, atau peristiwa) secara konsisten, kritis, logis, dan analitis, sehingga siswa dapat merumuskan temuannya sendiri dengan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan manfaat penggunaan ILS di kelas yang dirasakan siswa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian untuk mengumpulkan data penelitian ini. Peneliti melakukan observasi dan wawancara dalam mengumpulkan data yang lebih dalam tentang kegiatan pembelajaran dan manfaat pembelajaran di kelas dengan menggunakan ILS berdasarkan pengalaman peserta. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat aktivitas dan manfaat yang dilakukan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan ILS sebagai strategi pembelajaran di kelas. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi, pembuatan pertanyaan, sumber informasi lain, perencanaan investigasi, pengecekan ulang, pembuktian eksperimental, analisis dan interpretasi data, pemberian penjelasan dan prediksi dan terakhir, mengkomunikasikan hasil. Manfaatnya adalah meningkatkan rasa percaya diri, menunjukkan kemampuan, meningkatkan keterampilan siswa, dan memberikan kesempatan untuk berlatih berbicara dan mendengarkan. Kesimpulannya berdasarkan hasil yang ditemukan peneliti terdapat berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh siswa di dalam kelas dan dari kegiatan tersebut terdapat manfaat di dalamnya.
Dosen Pembimbing: | MARISKA INTAN SARI, S.S., M.A. | NIDN0520038002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:32 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 04:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |