THE IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING STRATEGIES TO STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT

Wahlul Khori Astatika (2020) THE IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING STRATEGIES TO STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)

Abstract

Strategi Pembelajaran Inkuiri (ILS) merupakan kegiatan pembelajaran yang membutuhkan kemampuan maksimal seluruh siswa untuk mencari dan mengeksplorasi sesuatu (manusia, atau peristiwa) secara konsisten, kritis, logis, dan analitis, sehingga siswa dapat merumuskan temuannya sendiri dengan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan manfaat penggunaan ILS di kelas yang dirasakan siswa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian untuk mengumpulkan data penelitian ini. Peneliti melakukan observasi dan wawancara dalam mengumpulkan data yang lebih dalam tentang kegiatan pembelajaran dan manfaat pembelajaran di kelas dengan menggunakan ILS berdasarkan pengalaman peserta. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat aktivitas dan manfaat yang dilakukan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan ILS sebagai strategi pembelajaran di kelas. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi, pembuatan pertanyaan, sumber informasi lain, perencanaan investigasi, pengecekan ulang, pembuktian eksperimental, analisis dan interpretasi data, pemberian penjelasan dan prediksi dan terakhir, mengkomunikasikan hasil. Manfaatnya adalah meningkatkan rasa percaya diri, menunjukkan kemampuan, meningkatkan keterampilan siswa, dan memberikan kesempatan untuk berlatih berbicara dan mendengarkan. Kesimpulannya berdasarkan hasil yang ditemukan peneliti terdapat berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh siswa di dalam kelas dan dari kegiatan tersebut terdapat manfaat di dalamnya.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:32
Last Modified: 01 Nov 2021 04:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item
View Item