PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL

AZIZAH CHOIRUNNISA RACHMA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jejaring sosial facebook dan pemahaman Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku remaja di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan lokasi penelitian di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul. Data dikumpulkan menggunakan angket dan nilai raport. Populasi dan sampel adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Kualitas variabel jejaring sosial facebook ditentukan dengan menggunakan tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh jejaring sosial berada dalam kategori rendah. Kualitas variabel Pemahaman Pendidikan Agama Islam diambil dari nilai raport. Hasil uji hipotesis menunjukkan tingkat pengaruh sebesar 5,884 > 3,18 dengan Rsquare 11,5%. Dapat disimpulkan bahwa variabel jejaring sosial facebook dan pemahaman Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap perilaku remaja di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul. Artinya jika penggunaan jejaring sosial facebook rendah maka perilaku remaja semakin positif. Hasil analisis regresi menunjukkan tingkat pengaruh sebesar 5,884 > 3,18. Pengaruh penggunaan jejaring sosial facebook terhadap perilaku remaja sebesar 0,071 atau 7,1%. Pengaruh pemahaman Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku sebesar 0,063 atau 6,3%. Berdasarkan persamaan regresi diperoleh y=59,094 + 0,357 x1 + 5,097 x2. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan jejaring sosial facebook dan pemahaman Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: JEJARING SOSIAL FACEBOOK, PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, PERILAKU REMAJA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:43
Last Modified: 20 Jun 2022 02:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15920

Actions (login required)

View Item
View Item