ANALISIS PENGGUNAAN PANEL SURYA POLYCRYSTALLINE 10 WP PADA PROTOTYPE KAPAL PENUMPANG

Ikbal Nurfaisal (2020) ANALISIS PENGGUNAAN PANEL SURYA POLYCRYSTALLINE 10 WP PADA PROTOTYPE KAPAL PENUMPANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Eksploitasi sumber daya alam yang dijadikan energi dan bahan bakar semakin mengkhawatirkan. Pemanfaatan energi surya sebagai energi terbarukan sangat dibutuhkan di segala sektor kehidupan termasuk transportasi. Sumber energi yang melimpah memudahkan manusia untuk memanfaatkannya. Lokasi penelitian ini berpusat di Universitas Muhammdiyah Yogyakarta dan sebagian di Dusun Jabung, Pandowoharjo, Sleman. Penggunaan panel surya polycrystalline 10 WP yang digunakan untuk mengkonversi energi dari panas matahari untuk mengisi baterai seabgai sumber energilistrik untuk prototype kapal penumpang. Untuk mendapatkan hasil pengisian yang baik dibutuhkan beberpa faktor yang mempengaruhinya diantaranya waktu pengisian, durasi pengisian serta lokasi pengisian yang tepat. Dari tiga hari pengisian didapatkan hasil yang berbeda karena dipengaruhi oleh waktu pengisian yang berbeda-beda. Hari pertama baterai mendapatkan tambahan tegangan yaitu sekitar 0,2 Volt ketika diisi sejak pukul 11.41 WIB samapi dengan 13.41 WIB (120 menit), hari kedua 0,6 Volt ketika pengisian dilakukan dari pukul 10.45 WIB sampai dengan 12.45 WIB (120 menit) dan hari ketiga 0,4 Volt ketika pengisian dilakukan pada pukul 10.15 WIB sampai dengan 12.15 WIB (120 menit). Ketika dilakukan pengujian untuk menjalankan kapal, motor penggerak mengalami kerusakan diakibatkan oleh beban yang terlalu besar.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Program Vokasi > Teknologi Mesin D3
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:30
Last Modified: 01 Nov 2021 04:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item
View Item