Ikbal Nurfaisal (2020) ANALISIS PENGGUNAAN PANEL SURYA POLYCRYSTALLINE 10 WP PADA PROTOTYPE KAPAL PENUMPANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Eksploitasi sumber daya alam yang dijadikan energi dan bahan bakar semakin mengkhawatirkan. Pemanfaatan energi surya sebagai energi terbarukan sangat dibutuhkan di segala sektor kehidupan termasuk transportasi. Sumber energi yang melimpah memudahkan manusia untuk memanfaatkannya. Lokasi penelitian ini berpusat di Universitas Muhammdiyah Yogyakarta dan sebagian di Dusun Jabung, Pandowoharjo, Sleman. Penggunaan panel surya polycrystalline 10 WP yang digunakan untuk mengkonversi energi dari panas matahari untuk mengisi baterai seabgai sumber energilistrik untuk prototype kapal penumpang. Untuk mendapatkan hasil pengisian yang baik dibutuhkan beberpa faktor yang mempengaruhinya diantaranya waktu pengisian, durasi pengisian serta lokasi pengisian yang tepat. Dari tiga hari pengisian didapatkan hasil yang berbeda karena dipengaruhi oleh waktu pengisian yang berbeda-beda. Hari pertama baterai mendapatkan tambahan tegangan yaitu sekitar 0,2 Volt ketika diisi sejak pukul 11.41 WIB samapi dengan 13.41 WIB (120 menit), hari kedua 0,6 Volt ketika pengisian dilakukan dari pukul 10.45 WIB sampai dengan 12.45 WIB (120 menit) dan hari ketiga 0,4 Volt ketika pengisian dilakukan pada pukul 10.15 WIB sampai dengan 12.15 WIB (120 menit). Ketika dilakukan pengujian untuk menjalankan kapal, motor penggerak mengalami kerusakan diakibatkan oleh beban yang terlalu besar.
Dosen Pembimbing: | M. ABDUS SHOMAD, S.T., M.ENG. | NIDN509038001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Mesin |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:30 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 04:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |