SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN MODERNITAS (KAJIAN KITAB AL-FIKRU AT-TARBAWIYYA ‘INDA IBNI QAYYIM AL-JAUZIYAH KARYA HASAN BIN ALI AL-HIJAZY)

RIZKY AFRIE (2014) SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN MODERNITAS (KAJIAN KITAB AL-FIKRU AT-TARBAWIYYA ‘INDA IBNI QAYYIM AL-JAUZIYAH KARYA HASAN BIN ALI AL-HIJAZY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui sistem pendidikan Islam menurut Hasan bin Ali al-Hijazy dalam Kitab al-Fikru at-Tarbawiyya ‘Inda Ibni Qayyim al-Jauziyah yang digali dari al-Qur’an dan Sunnah. yang ditelaah secara kritis oleh peneliti yaitu sebuah sistem pendidikan Islam yang komprehensif, universal dan integral karena mendidik manusia dari segala sisinya yaitu: yaitu ruh, akal dan jasad serta mendidik manusia melalui fase-fase perkembangannya sejak lahir hingga menjelang ajalnya. Penelitian ini juga ini diharapkan dapat memberikan kontribusi atau rujukan pendidikan Islam dan Memperkaya wawasan keilmuan pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan modernitas.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research) dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode dokumenter adapun analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah bahwasanya diri manusia yang menjadi objek utama kerja tarbiyah itu sendiri terdiri yang dari beberapa unsur-unsur dasar yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Maka, tarbiyah yang baik adalah yang selalu memperhatikan (memenuhi) setiap kebutuhan unsur-unsur tersebut. Beberapa unsur-unsur dasar penciptaan manusia yang dimaksud adalah: ruh akal dan jasad

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SISTEM PENDIDIKAN ISLAM, MODERNITAS, DAN HASAN BIN ALI AL-HIJAZY
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 08:03
Last Modified: 18 Jun 2022 08:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item
View Item