KUNTO RIZKI FERI SAPUTRA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KARANGSARI NGLIPAR GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (89kB)
Abstract.pdf
Download (82kB)
Bab I.pdf
Download (265kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (673kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (85kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan antara prestasi belajar dan keaktifan siswa yang dalam proses pembelalajarannya menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan yang menggunakan metode pembelajaran biasa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau biasa disebut dengan PTK dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Karangsari Nglipar Gunungkidul. Metode penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah: metode pembelajaran ini dapat merubah cara berfikir siswa dan merubah proses pembelajaran di kelas menjadi lebih komunikatif, dan lebih efektif, dan prestasi siswa setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Karangsari Nglipar Gunungkidul menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa, sebagaimana terlihat dari siklus I yang menunjukkan ketuntasan mencapai 45%, pada siklus II naik menjadi 75 %, dan pada siklus III meningkat menjadi 90%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | JIGSAW, PRESTASI BELAJAR |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2022 08:03 |
Last Modified: | 18 Jun 2022 08:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15937 |