PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS IV-VI DI MI YAPPI PUCUNG SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

TUTIK HANDAYANI (2014) PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS IV-VI DI MI YAPPI PUCUNG SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (996kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi munculnya program pembiasaan shalat Dhuha dalam pembinaan akhlak siswa,Pelaksanaan pembiasaan shalat Dhuha dalam pembinaan akhlak siswa dan dampak pembiasaan shalat Dhuha terhadap pembinaan akhlak siswa.
Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis kualitatif deskriptif. Alasan pemilihan metode deskriptif adalah karena penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang status gejala pada saat penelitian dilakukan. Penelitian ini diarahkan untuk menetapkan sifat suatu situasi pada waktu penyelidikan itu dilakukan. Subyek penelitian difokuskan pada siswa kelas IV-VI MI YAPPI Pucung Candirejo Semin Gunungkidul.Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah Munculnya program pembiasaan shalat Dhuha di MI YAPPI Pucung Candirejo Semin Gunungkidul dikarena sebelum diterapkannya pembiasaan shalat Dhuha, siswa kurang produktif dalam memanfaatkan waktu. Oleh karena itu, pembiasaan shalat Dhuha ini bertujuan untuk pembinaan akhlak siswa, baik akhlak terhadap Allah SWT. maupun terhadap sesama manusia. Selain itu, juga bertujuan untuk melatih siswa dalam memanfaatkan waktu.Pelaksanaan shalat Dhuha adalah tiga kali dalam seminggu, yaitu pada hari selasa, kamis, dan sabtu. Shalat ini dimulai pada pukul 09.00 sampai 10.00 Wib. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara berjamaah pada dua rakaat pertama, dan dua rakaat selanjutnya dilaksanakan dengan sendiri-sendiri.Dampak pembiasaan shalat Dhuha terhadap pembinaan akhlak siswa, yaitu sebagai berikut: (1)Akhlak terhadap Allah SWT. (a) siswa cukup mampu menerapkan rasa syukur mereka atas segala nikmat Allah SWT. baik melalui ucapan maupun perbuatan.(b) siswa merasa lebih tawakkal setelah mereka berusaha semaksimalnya dengan cara giat dan rajin belajar, baik di rumah maupun di madrasah.(c) siswa dapat meningkatkan sikap keikhlasan, salah satunya melalui amal jariyah atau sedekah yang mereka keluarkan, bukan karena perintah dari siapa pun, tetapi memang karena Allah SWT. (2) Akhlak terhadap sesama manusia. (a) siswa dapat menyadari akan pentingnya rasa persaudaraan.(b) siswa cukup mampu menerapkan adab kesopanan terhadap setiap orang, terutama orang tua dan guru, baik berupa perkataan maupun perbuatan. (c) yaitu siswa dapat mengontrol emosi atau amarah, selain itu pikiran dan hati siswa juga menjadi lebih tenang, sehingga akan memperlancar proses belajar. (d) siswa menjadi lebih memiliki sifat jujur, baik perkataan maupun perbuatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PEMBIASAAN, SHOLAT DHUHA, PEMBINAAN AKHLAQ
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:22
Last Modified: 20 Jun 2022 06:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15939

Actions (login required)

View Item
View Item