PENERAPAN PERMAINAN KARUTA DALAM PEMBELAJARAN DOKKAI

Putri Rahmadani (2020) PENERAPAN PERMAINAN KARUTA DALAM PEMBELAJARAN DOKKAI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah alat sebagai perantara dari sumber materi yang akan diajarkan kepada objek yang akan menjadi penerima materi tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media berupa permainan karuta sebagai alat untuk menyampaikan materi atau bahan ajar kepada siswa dengan tujuan mempermudah siswa dalam menerima materi yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai penerapan dan tanggapan siswa terhadap permainan karuta yang digunakan dalam pembelajaran dokkai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan sampel penelitian adalah 28 siswa kelas XI Ilmu Bahasa dan Budaya Madrasah Aliyah Negeri III Bantul tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah obsevasi, angket, dan wawancara.
Dari hasil analisis data, diketahui bahwa permainan karuta memiliki tahap pembelajaran yang sistematis dan terencana dengan baik. Tanggapan siswa terhadap media pembelajaran ini positif. Begitu pula tanggapan pengajar terhadap penerapan permainan karuta juga positif. Hal ini menjelaskan bahwa permainan karuta adalah media pembelajaran yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:27
Last Modified: 01 Nov 2021 03:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item
View Item