M. Ivan Mareza Pangestu (2020) IDENTIFIKASI DAN EVALUASI PERLINTASAN SEBIDANG SERTA TINJAUAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS MENGGUNAKAN VISSIM (STUDI KASUS JPL YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Perlintasan sebidang merupakan jalur pertemuan antara jalan raya dan jalur kereta api. Pada umumnya banyak terdapat perlintasan sebidang yang tidak memenuhi kriteria teknis dalam menjamin keselamatan pengguna jalan dan kereta api. Permasalahan tersebut bisa menimbulkan kerawanaan terhadap kecelakaan, panjangnya antrian, serta tundaan-tundaan di sisi penguna infrastruktur jalan. Tujuan dan metode penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja ruas jalan berupa tundaan dan panjang antrian menggunakan software VISSIM, memberikan rekomendasi skenario terhadap perlintasan sebidang eksisting menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan membuat database yang bisa diakses menggunakan smartphone menggunakan CarryMap. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Jalan Timoho JPL 349 KM 163+758 dan Jalan Mojo JPL 350 KM 164+536. Setelah dilakukan analisis didapatkan hasil tundaan dan panjang antrian rata-rata terbesar terjadi pada Jalan Timoho. Pada JPL 350 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau pengalihan arus lalu lintas ke Jalan Timoho, sedangkan JPL 349 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau penaikan status menjadi perlintasan tidak sebidang. CarryMap berisi input data berupa seluruh database yaitu informasi status jalan, koordinat, foto eksising, fasilitas infrastruktur, volume lalulintas, tundaan, panjang antrian serta rekomendasi.
Dosen Pembimbing: | EMIL ADLY, S.T., M.Eng. | NIDN1012068202 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:26 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |