IDENTIFIKASI DAN EVALUASI PERLINTASAN SEBIDANG SERTA TINJAUAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS MENGGUNAKAN VISSIM (STUDI KASUS JPL YOGYAKARTA)

M. Ivan Mareza Pangestu (2020) IDENTIFIKASI DAN EVALUASI PERLINTASAN SEBIDANG SERTA TINJAUAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS MENGGUNAKAN VISSIM (STUDI KASUS JPL YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perlintasan sebidang merupakan jalur pertemuan antara jalan raya dan jalur kereta api. Pada umumnya banyak terdapat perlintasan sebidang yang tidak memenuhi kriteria teknis dalam menjamin keselamatan pengguna jalan dan kereta api. Permasalahan tersebut bisa menimbulkan kerawanaan terhadap kecelakaan, panjangnya antrian, serta tundaan-tundaan di sisi penguna infrastruktur jalan. Tujuan dan metode penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja ruas jalan berupa tundaan dan panjang antrian menggunakan software VISSIM, memberikan rekomendasi skenario terhadap perlintasan sebidang eksisting menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan membuat database yang bisa diakses menggunakan smartphone menggunakan CarryMap. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Jalan Timoho JPL 349 KM 163+758 dan Jalan Mojo JPL 350 KM 164+536. Setelah dilakukan analisis didapatkan hasil tundaan dan panjang antrian rata-rata terbesar terjadi pada Jalan Timoho. Pada JPL 350 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau pengalihan arus lalu lintas ke Jalan Timoho, sedangkan JPL 349 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau penaikan status menjadi perlintasan tidak sebidang. CarryMap berisi input data berupa seluruh database yaitu informasi status jalan, koordinat, foto eksising, fasilitas infrastruktur, volume lalulintas, tundaan, panjang antrian serta rekomendasi.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:26
Last Modified: 01 Nov 2021 03:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item
View Item