PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS MULTIKULTURALISME PERSPEKTIF PSIKOLOGI SOSIAL ISLAM (STUDI DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA)

BAIDI (2014) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS MULTIKULTURALISME PERSPEKTIF PSIKOLOGI SOSIAL ISLAM (STUDI DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (211kB)

Abstract

Baidi. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikulturalisme Perspektif Psikologi Sosial Islam Studi di Sekolah Menengah Pertama Al Islam 1 Surakarta.

Keragaman masyarakat merupakan suatu keniscayaan. Keragaman bisa menimbulkan kerawanan konflik, sebagaimana sejarah Kota Surakarta. Kerusuhan tahun 1998 telah merusak kerukunan masyarakat Surakarta dan menyadarkan betapa pentingnya menjaga kerukunan dalam keragaman. Untuk mencegah terjadinya konflik diperlukan pemahaman warga masyarakat terhadap multikulturalisme dalam masyarakat yang beragam. Pemahaman multikulturalisme dapat diajarkan melalui pembelajaran PKn berbasis multikulturalisme dalam perspektif Psikologi Sosial Islam. Penelitian bertujuan mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berbasis multikulturalisme dalam perspektif Psikologi Sosial Islam di Sekolah Menengah Pertama Al Islam 1 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan desain embaded case study. Subjek penelitian terdiri Guru PKn dan siswa kelas VIII. Sedangkan informan penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, anggota KKG PKn. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan tehnik trianggulasi metode dan sumber. Tehnik analisis data menggunakan analisis model interaktif (interactive model analysis) yang terdiri dari; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menujukkan: Pembelajaran PKn telah menanamkan tiga aspek civic knowledge, civic disposition, civic skill yang dikaitkan dengan realitas kebangsaan Indonesia yang multikulturalisme. Pada akhir pembelajaran tumbuh kesadaran to regcognation and the other dalam masyarakat yang beragam sehingga diharapkan peserta didik menjadi smart and good citizenship dalam konteks Indonesia. Pemahaman terhadap multikulturalisme dapat ditransformasikan melalui pembelajaran PKn secara simultan dan terus menerus ditanamkan kepada peserta didik, sehingga mempunyai karakter yang responsif terhadap realitas yang ada. Pembelajaran PKn berbasis multikulturalisme secara psikologis membawa dampak kepada perkembangan sikap sosial sehingga menumbuhkan rasa kebersamaan, mengakui keberagaman. Psikologi Sosial Islam merupakan bagian psikologi sosial menekankan tumbuhnya perilaku sosial atas dasar atau nilai-nilai Islam untuk beradaptasi dan menerima dengan lingkungan yang beragam, kemampuan manusia menghargai dan menerima perbedaan yang ada.

Kata kunci : Pembelajaran PKn, Multikulturalisme, Psikologi Sosial Islam

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PKN PEMBELAJARAN MULTIKULTURALISME PSIKOLOGI SOSIAL ISLAM AL ISLAM 1 SURAKARTA
Divisions: Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 07:17
Last Modified: 18 Jun 2022 07:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16156

Actions (login required)

View Item
View Item