PERKEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH AKSELERASI SMP NEGERI 1 MUNTILAN

H. BUDI SUSANTA (2014) PERKEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH AKSELERASI SMP NEGERI 1 MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (506kB)

Abstract

PERKEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH AKSELERASI SMP NEGERI 1 MUNTILAN

Laju era globalisasi menyebabkan persaingan dan gerak cepat yang berdampak langsung bagi dunia pendidikan serta membawa manusia kepada krisis spiritual. Institusi pendidikan/ sekolah mengantisipasi melalui penyelenggaraan pendidikan percepatan/ akselerasi bagi peserta didik yang memiliki bakat, minat dan kemampuan menyelesaikan proses pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan. Sehingga muncul problema berkaitan dengan inovasi pembelajaran di sekolah akselerasi melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang merupakan jembatan penyelamat mengatasi krisis spiritual sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi pembelajaran PAI pada sekolah akselerasi, (2) menemukan model inovasi pembelajaran PAI pada sekolah akselerasi, dan (3) menemukan perkembangan inovasi pembelajaran PAI pada sekolah akselerasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan karakteristik berakar pada latar alamiah sebagai keutuhan, mengandalkan manusia sebagai alat penelitian, mengadakan analisis data secara induktif, memeriksa keabsahan data. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara: pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah akselerasi, wakil kepala sekolah dan guru sekolah akselerasi, komite sekolah akselerasi, siswa sekolah akselerasi, tata usaha sekolah akselerasi. Analisa data dilakukan dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman dengan 3 alur kegiatan yaitu: reduksi data; pengujian data; penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) pembelajaran PAI pada sekolah akselerasi SMP Negeri 1 Muntilan dengan melaksanakan perencanaan akselerasi pembelajaran PAI; akselerasi Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI dan akselerasi proses pembelajaran PAI (2) model inovasi pembelajaran PAI pada sekolah akselerasi dengan memilih siswa Superior (S); mengubah (U) waktu dan pelaksanaan Rencana Program Pembelajaran (RPP) dari 3 tahun menjadi 2 tahun; dan menetapkan Nilai (N) Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) minimal 80; serta meningkatkan kelas akselerasi bernuansa islami (NU) sehingga dapat ditemukan dengan singkatan model SUNNI (3) perkembangan implementasi inovasi pembelajaran PAI pada sekolah akselerasi dengan model SUNNI ditemukan lambat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SEKOLAH AKSELERASI PEMBELAJARAN PAI MODEL SUNNI PERKEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN PAI
Divisions: Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 05:58
Last Modified: 18 Jun 2022 05:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item
View Item