ZAEN FARIZUL WATHAN (2014) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN (STUDY TENTANG PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2013- 2014). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (39kB)
Bab I.pdf
Download (252kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Abstract
Pelaksanaan otonomi daerah dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik
dikarenakan akan memperpendek tingkatan atau jenjang hirarki pengambilan keputusan, akan
memperbesar kewenangan dan keleluasaan daerah, memperdekat penyelenggara pemerintah
dengan konstituennya. Kedekatan dengan konstituen tersebut juga akan meningkatkan tingkat
akuntabilitas penyelenggara pemerintah karena masyarakat lebih dekat dan memiliki akses
yang lebih besar untuk mengontrol jalannya pemerintahan. Lembaga-lembaga di daerah
terutama lembaga publik senantiasa dituntut untuk mampu melakukan pengembangan
organisasi baik secara intern maupun ekstern dalam menjawab tantangan yang dihadapi oleh
sebuah organisasi terutama yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan yang
prima pada masyarakat. Sebagai organisasi publik tentunya berhubungan dengan masyarakat,
maka Kecamatan Depok senantiasa dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima pada
masyarakat. Kualitas pelayanan publik dalam hal ini adalah pelayanan administrasi
kependudukan, dimana administrasi kependudukan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
Untuk itulah seharusnya Kantor Kecamatan Depok Kabupaten Sleman harus lebih tanggap
akan keinginan dan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu unit pelayanan perlu diketahui
kualitas pelayanannya melalui indek kepuasan masyarakat.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan dan faktor-faktor
yang mempengaruhi kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Depok Kabupaten Sleman
Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, sedangkan
teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Depok
Kabupaten Sleman adalah berkualitas baik hal ini terlihat bahwa nilai unsur pelayanan
memang berada pada interval 2,51 s/d 3,25. Secara statistik dapat disimpulkan bahwa
keseluruhan kualitas unit pelayanan yang ada di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman yang
ditinjau dari 14 unsur pelayanan berkategori B atau berkualitas baik. Sedangkan faktor-faktor
yang mempengaruhi kualitas pelayanan adalah ketersediaan sumber daya manusia serta
sarana dan prasarana yang dapat menunjang kelancaran tugas dan pekerjaan pegawai. Untuk
sarana dan prasarana yang ditempuh di Kantor Kecamatan Depok dalam meningkatkan
pelayanan yang prima pada masyarakat yaitu dengan melengkapi fasilitas yang menunjang
pekerjaan pegawai seperti komputer dan AC walaupun jumlahnya masih sangat terbatas dan
belum sesuai dengan jumlah pegawai yang ada.
Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah perlu ditingkatkannya lagi
kelengkapan sarana dan prasarana yang ada terutama komputer, agar lebih mendukung
kelancaran pelaksanaan tugas dan pekerjaan pegawai serta perlunya penambahan sumber
daya manusia di Kantor Kecamatan Depok mengingat semakin banyaknya masyarakat yang
membutuhkan pelayanan yang prima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *397 ELAYANAN PUBLIK, KANTOR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2022 03:35 |
Last Modified: | 18 Jun 2022 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16182 |