REPRESENTASI FETISISME TUBUH DALAM IKLAN AXE (ANALISIS SEMIOTIKA FETISISME TUBUH DALAM IKLAN AXE VERSI AXE EFFECT, AXE EXCITE DAN AXE TWIST)

DWI ERNA KARTIKA CANDRA (2014) REPRESENTASI FETISISME TUBUH DALAM IKLAN AXE (ANALISIS SEMIOTIKA FETISISME TUBUH DALAM IKLAN AXE VERSI AXE EFFECT, AXE EXCITE DAN AXE TWIST). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang representasi fetisisme tubuh dalam iklan AXE.
Fetisisme tubuh merupakan pemujaan terhadap tubuh dan dikonstruksikan oleh
perawatan tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
representasi fetisisme tubuh dalam iklan AXE. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif berdasarkan model semiotik Roland Barthes, berupa sistem tanda
yang dibagi menjadi denotasi dan konotasi yang membentuk mitos untuk
menghasilkan makna. Data dikumpulkan dengan mengamati dan mengambil
adegan-adegan dalam iklan yang dianggap mampu mewakili fetisisme tubuh
dalam iklan AXE. Pembahasan yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu
dengan memasukan potongan-potongan adegan dalam iklan AXE. Kemudian dari
potongan-potongan adegan tersebut, peneliti akan membagi kedalam beberapa
scene yang masuk dalam beberapa aturan yang merupakan fetisisme tubuh.
Setelah dibagi dalam beberapa aturan kemudian peneliti akan menganalisis
dengan menggunakan semiotik Roland Barthes. Iklan AXE ini menampilkan
beberapa hal yang menarik untuk diteliti diantaranya adalah tubuh ideal laki-laki
dan perempuan, sensualitas serta gaya penampilan yang trend.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pergeseran tubuh ideal lakilaki
dan perempuan pada masa sekarang. Dimana selalu ditampilkan dengan tubuh
yang sixpack, bersih, putih dan ganteng untuk laki-laki, sedangkan perempuan
bertubuh yang langsing, cantik, putih dan bersih. Ada beberapa tanda lain dimana
menunujukan perempuan maupun laki-laki peduli dengan penampilan yang juga
merupakan fetisisme tubuh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: REPRESENTASI, FETISISME TUBUH, SEMIOTIK
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 03:33
Last Modified: 18 Jun 2022 03:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16186

Actions (login required)

View Item
View Item