IYAN FATHUL KHOERIYAH (2014) EVALUASI PROGRAM WAJIB BELAJAR 9 TAHUN PADA SEKOLAH NEGERI DAN SEKOLAH SWASTA (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH DI KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.doc
Download (169kB)
Bab I.docx
Download (53kB)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only
Download (27kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan informasi bahwa jaminan wajib belajar 9 tahun masih mengalami kendala dan banyak permasalahan yang dihadapi, masih adanya angka putus Sekolah di jenjang Sekolah Dasar, banyak anak yang keluar dari Sekolah dikarenakan terkendala ekonomi, kesetaraan pendidikan masih belum terpenuhi, diskriminasi atas pendidikan masih banyak terjadi, himpitan antara Sekolah Swasta dan Sekolah Negeri menimbulkan persoalan di Kota Yogyakarta. Oleh karenanya penulis berusaha melihat lebih jauh bagaimana evaluasi program wajib belajar 9 tahun pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Dasar Swasta (Muhammadiyah) di Kota Yogyakarta.
Dalam penelitian ini, Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui secara mendalam mengenai evaluasi program wajib belajar 9 tahun pada (SDN) dan SD Swasta (Muhammadiyah) di Kota Yogyakarta. Sumber-sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa interview atau wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara menulis ataupun mengetik data yang diperoleh dari lapangan dengan rapi, terperinci dan sistematis. Setelah reduksi data akan dilakukan display data dimana data yang telah direduksi disajikan untuk membantu dalam penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model evaluasi program yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1967) yaitu model Context, Input, Process, Product (CIPP). Context ada beberapa indikator yang belum terpenuhi yaitu jumlah tenaga pendidikan sesuai kualifikasi tidak mencapai target hanya 40%. Kemudian jumlah siswa yang menjadi sasaran wajib belajar kuota penerimaan peserta didik baru di SDN dan Sekolah SD masih ada yang belum memenuhi target. Sarana dan prasarana SDN dan Swasta belum sepenuhnya memenuhi standar yang telah ditentukan, dan sumber dana/anggaran, di SDN bersumber dari (APBD) dan (APBN). Sedangkan SD Swasta bersumber dari (APBD) dan (APBN) selain itu berasal dari (sumbangan orang tua, SPP, Iuran Qurban, uang pengembangan gedung, amal jariah/ bantuan khusus). Process, penanggung jawab/program tim wajib belajar, dalam pelaksanaanya tidak ada tim khusus di SDN dan SD Swasta. Waktu pelaksanaan program wajib belajar di SDN dan Swasta mengikuti jadwal kelender pendidikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Product, hasil kelulusan UN di Kota Yogyakarta untuk SDN dan Swasta mencapai 100%. Sekolah SDN tidak memungut SPP sedangkan SD Swasta masih menarik biaya SPP dari siswa, untuk besaran nominalnya setiap Sekolah berbeda-beda. Nilai rata-rata kelulusan SD Swasta lebih tinggi dibandingkan dengan SDN. Peningkatan (APK) di Kota Yogyakarta adalah sebesar 92% telah mencapai target. Dan (APTs) terdapat pada SDN Patangpuluhan sebesar 0,1% dan pada SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 sebesar 0,1%.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa evaluasi program wajib belajar 9 tahun pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan SD Swasta (Muhammadiyah) di Kota Yogyakarta dalam pelaksanaanya masih terdapat indikator yang belum tercapai, masih adanya angka putus Sekolah di jenjang Sekolah Dasar. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu Dinas Pendidikan perlu dilakukan terobosan-terobosan dan strategi agar target-target yang belum tercapai bisa terpenuhi dimasa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EVALUASI KEBIJAKAN, PENDIDIKAN, PROGRAM WAJIB BELAJAR. |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2022 02:34 |
Last Modified: | 18 Jun 2022 02:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16222 |