EVALUASI KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL BERBASIS RENCANA STRATEGI BISNIS 2012-2015 DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

FAZA KHILWAN AMNA (2014) EVALUASI KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL BERBASIS RENCANA STRATEGI BISNIS 2012-2015 DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Rumah sakit umum daerah merupakan instansi pemerintah daerah yang bergerak di bidang jasa kesehatan publik. Rumah sakit umum daerah harus mampu memberikan pertanggungjawaban baik secara keuangan maupun non-keuangan kepada pemerintah daerah dan masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya suatu pengukuran kinerja yang mencakup semua aspek. Balanced Scorecard merupakan pilihan yang tepat untuk melakukan pengukuran kinerja. Tujuan: Mengukur kinerja RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan pendekatan balanced scorecard serta mengevaluasi konsep balanced scorecard sebagai alat ukur kinerja RSUD Panembahan Senopati Bantul. Metode: Jenis penelitian adalah mix method dengan pendekatan cross sectional survey dan studi kasus. Populasi penelitian adalah seluruh pasien/keluarga pasien yang mendapatkan pelayanan rawat inap serta seluruh karyawan RSUD Panembahan Senopati Bantul. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan uji analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dan Pembahasan: Perspektif keuangan menggunakan 3 indikator: rasio tingkat ekonomis (2011=98,71 %; 2012=97,42 %; 2013= 88,59 %), rasio efisiensi (2011=92,21 %; 2012 =84,21 %; 2013=108,79 %), dan rasio efektivitas (2011=113,77 %; 2012=113,79 %; 2013=90,50 %). Perspektif pelanggan menggunakan 3 indikator: akuisisi pelanggan (2011=15,60 %; 2012=14,79 %; 2013=15,08 %), retensi pelanggan (2011=84,40 %; 2012=85,21 %; 2013=84,92 %), dan kepuasan pelanggan 3,83. Perspektif proses bisnis internal menggunakan 5 indikator: BOR (2011=73,13 %; 2012=75,79 %; 2013=79,86 %), ALOS (2011=4,37 hari; 2012=4,53 hari; 2013=4,39 hari), BTO (2011=61,8 kali; 2012=61,23 kali; 2013=66,39 kali), GDR (2011=29,37 ‰; 2012=30,65 ‰; 2013=26,38 ‰), NDR (2011=14,56 ‰; 2012=15,37 ‰; 2013=12,79 ‰) dan TOI (2011=1,36 hari; 2012=1,20 hari; 2013=0,90 hari). Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan 3 indikator: produktivitas karyawan (2011=284/karyawan; 2012=278/karyawan; 2013=303/karyawan), retensi karyawan (2011=2,89 %; 2012=2,18 %; 2013=1,76 %), dan kepuasan karyawan 3,72. Perspektif balanced scorecard dalam Indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2013 RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan nilai 44.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EVALUASI KINERJA, BALANCED SCORECARD
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 02:31
Last Modified: 18 Jun 2022 02:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16226

Actions (login required)

View Item
View Item