AKUNTABILITAS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DALAM PENANGANAN KLAIM ASURANSI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL JANUARI – APRIL 2014 (STUDI DI BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG UTAMA YOGYAK

EKO SUBARDI (2014) AKUNTABILITAS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DALAM PENANGANAN KLAIM ASURANSI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL JANUARI – APRIL 2014 (STUDI DI BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG UTAMA YOGYAK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah dalam kesatuan JKN yang
diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013 dan beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014.
Dalam pemberitaan media menunjukkan bahwa pada awal pelaksanaan Program JKN
memang belum sempurna dan masih memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya
adalah mengenai pembayaran klaim JKN oleh BPJS Kesehatan kepada pihak Rumah
Sakit Mitra BPJS Kesehatan.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui akuntabilitas BPJS Kesehatan
dalam Penanganan Klaim Asuransi Program JKN bulan Januari – April 2014 dan faktorfaktor
yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian
Deskriptif dengan jenis Data Kualitatif. Sumber datanya meliputi data primer yang
diperoleh secara langsung dengan sumber/responden dan data sekunder berasal dari
dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah Wawancara dan Studi Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas penanganan klaim asuransi
yang diajukan Rumah Sakit, bulan Januari-April 2014 oleh BPJS Kesehatan KCU
Yogyakarta, secara umum dapat dikatakan sudah akuntabel (80,5 %) walaupun masih ada
beberapa indikator pengukuran menunjukkan adanya ketidak sesuaian / belum akuntabel.
Hal ini bila diukur dengan indikator mengacu pada jadwal yang telah ditetapkan belum
akuntabel, yaitu mundurnya pembayaran tagihan klaim asuransi, disebabkan Rumah Sakit
yang terlambat mengajukan tagihan klaim asuransi. Indikator Adanya ketaatan kepada
peraturan dan prosedur yang berlaku belum sepenuhnya akuntabel, karena untuk prosedur
pengajuan klaim, verifikasi kelengkapan berkas dan penentuan jumlah pembayaran sudah
sesuai ketentuan, namun jadwal pembayaran belum sesuai ketentuan. Indikator
kemampuan untuk melakukan evaluasi kinerja sudah akuntabel. Indikator keterbukaan
dalam pembuatan keputusan sudah akuntabel. Indikator menerapkan efisiensi dan
efektifitas biaya pelaksanaan tugasnya sudah akuntabel.
Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi Akuntabilitas dalam Penanganan
Klaim Asuransi, menggunakan variabel faktor aturan pelayanan, faktor aparat birokrasi
dan faktor prioritas kepentingan pengguna jasa. Faktor Aturan Pelayanan, diukur melalui
indikator Peraturan Perundangan yang digunakan, Prosedur Pelayanan (SOP), dan
Ketentuan waktu pelayanan dan besaran biaya, dimana ketiganya berkaitan dengan
indikator Akuntabilitas penanganan klaim asuransi yaitu ketaatan kepada peraturan dan
prosedur yang berlaku dan mempengaruhi indikator jadwal pembayaran tagihan klaim.
Faktor Aparat Birokrasi, diukur melalui indikator Kompetensi Aparat Birokrasi dan
Beban Kerja Aparat Birokrasi, yang berkaitan dengan indikator Akuntabilitas dalam
Penanganan Klaim Asuransi yaitu Kemampuan untuk melakukan Evaluasi Kinerja.
Sedangkan Faktor Prioritas Kepentingan Pengguna Jasa, diukur melalui indikator
Penentuan Prioritas, Solusi Pelayanan bila ada kealpaan berkas Klaim dan Menyediakan
Mekanisme Keluhan, berkaitan dengan indikator Akuntabilitas penanganan klaim
asuransi yaitu ketaatan kepada peraturan dan prosedur yang berlaku dan mempengaruhi
indikator jadwal pembayaran tagihan klaim sebagaimana yang telah ditetapkan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: AKUNTABILITAS, FAKTOR ATURAN, FAKTOR APARAT BIROKRASI, FAKTOR PRIORITAS.
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 02:18
Last Modified: 18 Jun 2022 02:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16244

Actions (login required)

View Item
View Item