PENGARUH TERAPI PIJAT REFLEKSI KAKI TERHADAP ANKLE BRACHIAL INDEX (ABI) PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2

PODO YUWONO (2015) PENGARUH TERAPI PIJAT REFLEKSI KAKI TERHADAP ANKLE BRACHIAL INDEX (ABI) PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Terapi pijat refleksi kaki merupakan teknik pengobatan dengan memijit titik syaraf bagian kaki yang berhubungan dengan daerah penyakit menggunakan tangan atau alat bantu. Penekanan berulang-ulang titik refleksi kaki khususnya titik pankreas pada pasien diabetes mellitus tipe 2 menyebabkan sistem peredaran darah lebih lancar dan menetralisir kelebihan karbohidrat dalam darah, sehingga dimungkinkan produksi hormon insulin menjadi lebih baik dan kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih seimbang yang pada akhirnya akan berpotensi menaikkan ankle brachial index (ABI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi pijat refleksi kaki terhadap ankle brachial index (ABI) pada pasien diabetes melitus tipe 2.
Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain pre test- post test design. Responden 64 pasien diabetes melitus tipe 2 yang dirawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong pada bulan Mei 2014, terdiri dari 32 responden kontrol dan 32 responden intervensi. Instrumen penelitian berupa doppler Ultrasound 8MHz dan Sphygnomano meter, lembar dokumentasi karakteristik responden, lembar pengukuran ABI, panduan pemeriksaan ABI, dan panduan pijat refleksi kaki. Teknik analisis datanya menggunakan Paired t Test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan nilai ABI yang signifikan sebelum dan sesudah penelitian. Sebelumnya dilakukan pengukuran nilai ABI pada kedua kelompok, diikuti perlakuan terapi pijat refleksi kaki tiga kali satu minggu selama satu bulan pada kelompok intervensi, sedangkan pada kelompok kontrol hanya diberikan penatalaksanaan 4 pilar tanpa diberikan terapi pijat refleksi kaki. Setelah satu bulan, kemudian dilakukan pengukuran nilai ABI lagi pada kedua kelompok tersebut.
Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil terapi pijat refleksi kaki berpengaruh signifikan dalam meningkatkan ABI pada pasien diabetes melitus tipe 2, terbukti dari ABI kelompok intervensi sesudah perlakuan lebih tinggi secara signifikan dibandingkan sebelum perlakuan (p = 0,000).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TERAPI PIJAT REFLEKSI KAKI, ABI, DM2
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2022 02:16
Last Modified: 18 Jun 2022 02:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16254

Actions (login required)

View Item
View Item