Woro Ajeng Dwi Asih (2020) ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS' PROBLEMS AND STRATEGIES IN WRITING ARGUMENTATIVE TEXT. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (295kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Bab I.pdf
Download (117kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (767kB)
Abstract
Teks argumentatif mungkin merupakan bentuk penulisan yang paling umum dihadapi oleh pelajar bahasa asing di universitas. Walaupun bentuk ini umumnya dihadapi oleh mahasiswa, bentuk tulisan ini juga dianggap paling sulit bagi pelajar bahasa asing. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan siswa dalam menulis teks argumentatif dan strategi mereka dalam mengatasi masalah menulis teks argumentatif di Jurusan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Partisipan adalah empat mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu perguruan tinggi Islam swasta di Yogyakarta angkatan 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki beberapa kendala dalam menulis teks argumentatif. Permasalahan dalam teks arumentatif tulisan antara lain kurangnya pengetahuan gramatikal, kurangnya ide untuk memberikan argumen yang kuat, kurangnya kosa kata, dan kesulitan bagaimana menghubungkan opini Anda dengan opini orang lain. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan bahwa siswa memiliki strategi untuk mengatasi masalah dalam menulis teks argumentatif. Strategi ini menggunakan penulisan kolaboratif, menggunakan aplikasi online, umpan balik dari guru dan teman, membuat draf, dan banyak membaca artikel jurnal. Berkaitan dengan temuan tersebut mahasiswa disarankan untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Dengan demikian, siswa dapat mengantisipasi masalah. Selain itu, siswa juga dapat menggunakan strategi tersebut untuk mengatasi masalah dalam menulis teks argumentatif.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:20 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1627 |