STRATEGI SOCIAL MARKETING PEMERINTAH KABUPATEN BURU DALAM MENGGERAKKAN PROGRAM GELORA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI SPIRITUAL REMAJA/ANAK PADA TAHUN 2016-2019

Syifa Sabila Azzahra Umasugi (2020) STRATEGI SOCIAL MARKETING PEMERINTAH KABUPATEN BURU DALAM MENGGERAKKAN PROGRAM GELORA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI SPIRITUAL REMAJA/ANAK PADA TAHUN 2016-2019. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Advertising
Syifa Sabila Azzahra Umasugi
Social Marketing Pemerintah Kabupaten Buru dalam Menggerakkan Program Gelora Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Spiritual Remaja/Anak pada Tahun 2019
Tahun Skripsi: 2020 + Halaman + 27 Gambar + 1 Tabel
Daftar Pustaka: 19 Buku + 7 Jurnal + 2 Skripsi + 2 Sumber Internet

?Pemerintah Daerah Kabupaten Buru memunculkan ide/gagasan yang menjadi ciri khas Kabupaten Buru sendiri yang diberi nama Gelora (Gerakan Bupolo Maghrib Mengaji). Program Gelora merupakan kegiatan yang mengandung nilai spiritual kepada masyarakat untuk belajar mengaji, mendalami Al-quran, sholat berjamaah dan belajar banyak tentang ilmu agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bagaimana social marketing program Gelora yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buru sebagai upaya meningkatkan nilai spiritual remaja/anak pada tahun 2016-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in-depth interview), dokumentasi, dan data pendukung lainnya. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa elemen-elemen dalam social marketing telah digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Buru berupa 6P (Product, Price, Place, Promotion, Partnership, Policy). Program Gelora ini juga memiliki keunikan yang membedakan Gelora dengan maghrib mengaji lainnya yang ada di Indonesia. Program Gelora memiliki Perda yang mengatur jalannya Program Gelora, dengan dibantu oleh Satpol PP agar masyarakat yang melanggar peraturan akan diberi pembinaan dan teguran karena sudah ada Perda tentang Gelora yang menjadi paying hukum. Dengan adanya Program Gelora ini buta huruf di Kabupaten Buru semakin berkurang dan menciptakan Satriwan dan Satriwati terbaik. Remaja/anak-anak semakin mendalami Al-Quran, karena Program Gelora ini bukan hanya sekedar mengaji tetapi juga mendalami isi dari Al-Quran.

Kata Kunci: Social Marketing, Gelora, Kabupaten Buru

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:19
Last Modified: 01 Nov 2021 07:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item
View Item