Syifa Sabila Azzahra Umasugi (2020) STRATEGI SOCIAL MARKETING PEMERINTAH KABUPATEN BURU DALAM MENGGERAKKAN PROGRAM GELORA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI SPIRITUAL REMAJA/ANAK PADA TAHUN 2016-2019. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Advertising
Syifa Sabila Azzahra Umasugi
Social Marketing Pemerintah Kabupaten Buru dalam Menggerakkan Program Gelora Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Spiritual Remaja/Anak pada Tahun 2019
Tahun Skripsi: 2020 + Halaman + 27 Gambar + 1 Tabel
Daftar Pustaka: 19 Buku + 7 Jurnal + 2 Skripsi + 2 Sumber Internet
?Pemerintah Daerah Kabupaten Buru memunculkan ide/gagasan yang menjadi ciri khas Kabupaten Buru sendiri yang diberi nama Gelora (Gerakan Bupolo Maghrib Mengaji). Program Gelora merupakan kegiatan yang mengandung nilai spiritual kepada masyarakat untuk belajar mengaji, mendalami Al-quran, sholat berjamaah dan belajar banyak tentang ilmu agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bagaimana social marketing program Gelora yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buru sebagai upaya meningkatkan nilai spiritual remaja/anak pada tahun 2016-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in-depth interview), dokumentasi, dan data pendukung lainnya. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa elemen-elemen dalam social marketing telah digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Buru berupa 6P (Product, Price, Place, Promotion, Partnership, Policy). Program Gelora ini juga memiliki keunikan yang membedakan Gelora dengan maghrib mengaji lainnya yang ada di Indonesia. Program Gelora memiliki Perda yang mengatur jalannya Program Gelora, dengan dibantu oleh Satpol PP agar masyarakat yang melanggar peraturan akan diberi pembinaan dan teguran karena sudah ada Perda tentang Gelora yang menjadi paying hukum. Dengan adanya Program Gelora ini buta huruf di Kabupaten Buru semakin berkurang dan menciptakan Satriwan dan Satriwati terbaik. Remaja/anak-anak semakin mendalami Al-Quran, karena Program Gelora ini bukan hanya sekedar mengaji tetapi juga mendalami isi dari Al-Quran.
Kata Kunci: Social Marketing, Gelora, Kabupaten Buru
Dosen Pembimbing: | TAUFIQQURAHMAN, S.IP., MA., Ph. D | NIDN0527057401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (D3) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:19 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 07:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |