Students’ Perception on the Implementation of Small Group Discussion Method in English Learning

Yusuf Apriyadi (2020) Students’ Perception on the Implementation of Small Group Discussion Method in English Learning. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)

Abstract

Metode diskusi kelompok kecil dilaksanakan sebagai kegiatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk bersikap kooperatif dalam setiap bagian di dalam diskusi kelompok. Siswa memiliki tanggung jawab yang sama untuk menyelesaikan masalah bersama. Selain itu, diskusi kelompok kecil diperlukan untuk mengembangkan cara berpikir dan bertindak siswa agar lebih mendapatkan keaslian dalam pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dan tantangan dari pelaksanaan diskusi kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan empat orang peserta Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED). Manfaat pelaksanaan diskusi kelompok kecil adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa, memperoleh kosakata baru, meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kedua, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan diskusi kelompok kecil. Tantangannya adalah kesulitan berbicara bahasa Inggris, kesulitan pemahaman kosakata, tingkat kepercayaan diri siswa yang rendah, topik diskusi yang tidak menarik, dan situasi kelas yang tidak efektif.
Kata kunci: diskusi kelompok kecil, keuntungan dan tantangan diskusi kelompok kecil.

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:32
Last Modified: 21 Oct 2021 03:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item
View Item