TEACHING MEDIA USED TO TEACH ENGLISH TO HEARING IMPAIRED STUDENTS AT A SCHOOL FOR SPECIAL NEEDS

Faza Nadia Rahma (2020) TEACHING MEDIA USED TO TEACH ENGLISH TO HEARING IMPAIRED STUDENTS AT A SCHOOL FOR SPECIAL NEEDS. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siswa berkebutuhan khusus membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu mereka lebih memahami pelajaran. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris bagi siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris pada siswa tunarungu serta kekuatan dan kelemahan media pembelajaran yang digunakan untuk siswa ABK di Yogyakarta. Penelitian dilakukan di dua sekolah ABK di Yogyakarta. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpulan data wawancara. Pesertanya adalah dua orang guru perempuan dari sekolah yang berbeda, yaitu sekolah swasta ABK dan sekolah negeri ABK. Hasilnya, temuan dari penelitian ini adalah enam media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswa tunarungu. Itu termasuk gambar, realia, kerajinan tangan, logico (alat peraga), video, dan bahasa isyarat. Selain itu, peneliti menemukan empat kekuatan penggunaan media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswa tunarungu. Diantaranya alat-alat yang dapat mengevaluasi pemahaman siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membantu siswa lebih mudah mengingat materi, dan membuat siswa lebih memahami materi. Kemudian, peneliti menemukan dua kelemahan penggunaan media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris bagi siswa tunarungu. Mereka kekurangan fasilitas dan kesulitan membangun media pembelajaran untuk semua materi.

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:08
Last Modified: 01 Nov 2021 06:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item
View Item