Faza Nadia Rahma (2020) TEACHING MEDIA USED TO TEACH ENGLISH TO HEARING IMPAIRED STUDENTS AT A SCHOOL FOR SPECIAL NEEDS. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Siswa berkebutuhan khusus membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu mereka lebih memahami pelajaran. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris bagi siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris pada siswa tunarungu serta kekuatan dan kelemahan media pembelajaran yang digunakan untuk siswa ABK di Yogyakarta. Penelitian dilakukan di dua sekolah ABK di Yogyakarta. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpulan data wawancara. Pesertanya adalah dua orang guru perempuan dari sekolah yang berbeda, yaitu sekolah swasta ABK dan sekolah negeri ABK. Hasilnya, temuan dari penelitian ini adalah enam media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswa tunarungu. Itu termasuk gambar, realia, kerajinan tangan, logico (alat peraga), video, dan bahasa isyarat. Selain itu, peneliti menemukan empat kekuatan penggunaan media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswa tunarungu. Diantaranya alat-alat yang dapat mengevaluasi pemahaman siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membantu siswa lebih mudah mengingat materi, dan membuat siswa lebih memahami materi. Kemudian, peneliti menemukan dua kelemahan penggunaan media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris bagi siswa tunarungu. Mereka kekurangan fasilitas dan kesulitan membangun media pembelajaran untuk semua materi.
Dosen Pembimbing: | Dr. SURYANTO | NIDN0529067302 |
---|---|
Item Type: | Thesis (D3) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:08 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |