Faza Nadia Rahma (2020) TEACHING MEDIA USED TO TEACH ENGLISH TO HEARING IMPAIRED STUDENTS AT A SCHOOL FOR SPECIAL NEEDS. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (637kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Bab I.pdf
Download (343kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (479kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (563kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Siswa berkebutuhan khusus membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu mereka lebih memahami pelajaran. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris bagi siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris pada siswa tunarungu serta kekuatan dan kelemahan media pembelajaran yang digunakan untuk siswa ABK di Yogyakarta. Penelitian dilakukan di dua sekolah ABK di Yogyakarta. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpulan data wawancara. Pesertanya adalah dua orang guru perempuan dari sekolah yang berbeda, yaitu sekolah swasta ABK dan sekolah negeri ABK. Hasilnya, temuan dari penelitian ini adalah enam media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswa tunarungu. Itu termasuk gambar, realia, kerajinan tangan, logico (alat peraga), video, dan bahasa isyarat. Selain itu, peneliti menemukan empat kekuatan penggunaan media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswa tunarungu. Diantaranya alat-alat yang dapat mengevaluasi pemahaman siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membantu siswa lebih mudah mengingat materi, dan membuat siswa lebih memahami materi. Kemudian, peneliti menemukan dua kelemahan penggunaan media pembelajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris bagi siswa tunarungu. Mereka kekurangan fasilitas dan kesulitan membangun media pembelajaran untuk semua materi.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:08 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1662 |