PENGARUH SOSIALISASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN JASA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)

AKIP SAKULA BEWI YANTO (2015) PENGARUH SOSIALISASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN JASA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sosialisasi, baik secara langsung maupun sosialisasi tidak langsung terhadap minat masyarakat dalam menggunakan jasa Lembaga Keuangan Syari’ah. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Sampel yang digunakan sebagai responden dalam penelitian berjumlah 100 responden. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metodepurposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sedangkan untuk menguji pengaruh sosialisasi terhadap minat masyarakat digunakan teknik analisis regresi berganda, dimana variabel dependent yang digunakan adalah minat (Y) dan variabel independent adalah sosialisasi, yaitu sosialisasi langsung (X1) dan sosialisasi tidak langsung (X2). Sementara itu untuk menguji kualitas data penulis menggunakan beberapa alat pengujian, yaitu uji validitas, reabilitas dan uji asumsi klasik, seperti uji normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas dan uji autokorelasi.
Dari hasil pengujian kualitas data, data yang digunakan sudah terbebas dari masalah penyakit, sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang digunakan mengandung unsur ketepatan dan keakuratan analisis. Sedangkan dari hasil analisis regresi ditemukan bahwa kedua variabel bebas/independent memiliki pengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat/dependent dengan nilai R-square sebesar 0,671. Dimana nilai koefisien variabel sosialisasi langsung (X1) yaitu sebesar 0,350 dan sosialisasi tidak langsung (X2) sebesar 0,375. Dengan ditemukannya nilai koefisien sosialisasi tidak langsung yang lebih besar daripada koefisien sosialisasi langsung, menunjukkan bahwa sosialisasi secara tidak langsung seperti melalui periklanan dimedia cetak dan elektronik memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan jasa Lembaga Keuangan Syariahdi Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH, MINAT, SOSIALISASI LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG, DAN ANALISIS REGRESI BERGANDA.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:18
Last Modified: 14 Jun 2022 07:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16678

Actions (login required)

View Item
View Item