PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DALAM MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013)

AHMAD JAZULI (2015) PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DALAM MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

*80 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik komite audit yang meliputi independensi, keahlian akuntansi dan keuangan, ukuran, frekuensi pertemuan terhadap nilai perusahaan, dan pengaruhnya kualitas komite audit yang dipengaruhi oleh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dalam mekanisme corporate governance. Nilai perusahaan (Tobin Q) digunakan sebagai variabel dependen, sedangkan independensi, keahlian bidang akuntansi dan keuangan, ukuran, frekuensi pertemuan digunakan sebagai variabel independen, dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi.
Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 70 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) di tahun 2013. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan uji regresi berganda dalam pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi, keahlian akuntansi dan keuangan, frekuensi rapat, tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, serta ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada hubungan kualitas komite audit dan nilai perusahaan. Sedangkan ukuran berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *80 INDEPENDENSI, KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN, UKURAN, FREKUENSI RAPAT, KUALITAS KOMITE AUDIT, NILAI PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:11
Last Modified: 14 Jun 2022 07:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16696

Actions (login required)

View Item
View Item