Erinda Armita Dewi (2020) Students’ Understanding of Vocabulary in Reading Text at Twelfth Grade Students of SMA Negeri 9 Purworejo. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (550kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (249kB)
Bab I.pdf
Download (131kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (412kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pemahaman kosakata siswa pada siswa kelas XI SMAN 9 Purworejo terhadap kosakata teks bacaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif analisis non hipotesis. Lokasi penelitian di SMA Negeri 9 Purworejo. Ada tiga puluh satu responden dalam penelitian ini. Mereka adalah siswa-siswi kelas dua belas bidang sosial. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan tes online. Instrumen penelitian diadaptasi dari dua tes kosakata utama situs web untuk bahasa Inggris sebagai penutur bahasa asing.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemahaman kosakata siswa SMA Negeri 9 Purworejo berada pada kategori sedang karena nilai mean atau rata-ratanya adalah 68,79. Hasil tes dari tiga puluh satu siswa adalah: lima siswa diklasifikasikan dengan kualifikasi sangat baik, sepuluh siswa diklasifikasikan ke dalam kualifikasi baik, dan enam belas siswa diklasifikasikan ke dalam kualifikasi sedang. Nilai tertinggi 88 sedangkan nilai terendah 58. Artinya siswa sudah dapat mempelajari kosakata dari teks bacaan meskipun pemahamannya masih dalam kategori sedang. Siswa dapat mempelajari kosakata baru yang mereka temukan dalam teks bacaan dan memahaminya dengan mencari makna dari kamus sehingga mereka dapat memperkaya kosakata yang mereka miliki. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyarankan kepada guru untuk memberikan penekanan yang mendalam tentang banyak berlatih membaca baik di dalam maupun di luar kelas agar siswa terbiasa dengan kosakata yang digunakan dalam teks. Selain itu siswa juga diharapkan dapat mengaplikasikan kosakata yang dimilikinya agar tidak lupa. Selain itu, peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan temuan penelitian ini dalam mengembangkan jenis kajian atau penelitian yang berkaitan dengan topik yang dibahas atau dengan variabel lain.
Kata kunci: Pemahaman siswa, Kosakata, Membaca, teks
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:32 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1672 |