Dini Novia Fathia (2020) Student's Speaking Anxiety in EFL in EED Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (806kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Bab I.pdf
Download (272kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (380kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (897kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Berbicara merupakan suatu kegiatan untuk mengungkapkan suatu gagasan, tindakan, dan perasaan. Kegiatan berbicara dalam bahasa membutuhkan suatu struktur yang dapat dipahami oleh pendengarnya. Dengan berbicara, siswa dapat menyampaikan apa yang mereka inginkan kepada pendengarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecemasan berbicara siswa pada EFL di universitas swasta di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan berbicara siswa saat berbicara bahasa Inggris, serta strategi untuk menangani kecemasan berbicara siswa saat berbicara bahasa Inggris. Ada tiga mahasiswa angkatan 2019 yang mengikuti penelitian ini sebagai partisipan. Untuk menjawab kedua pertanyaan penelitian tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif berupa rancangan analisis deskriptif yang tepat untuk mengeksplorasi faktor-faktor kecemasan berbicara siswa dan strategi mereka. Pertama, peneliti mengikuti kelas melakukan observasi untuk merekrut peserta. Pengumpulan data dilakukan dengan memilih tiga peserta yang merasa cemas yang bersedia diajak berpartisipasi, kemudian dilanjutkan dengan interview untuk ketiga peserta tersebut. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor kecemasan berbicara pada siswa. Berdasarkan temuan yang diperoleh antara lain: kurangnya persiapan, takut salah, takut terhadapa evaluasi negatif, dan persepsi diri. Kemudian, terdapat dua temuan dalam strategi kecemasan berbicara siswa. Sebagian besar siswa berusaha untuk percaya diri sebagai strategi mereka, kemudian berusaha untuk relax.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:08 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1674 |