Introverted Students’ Challenges and Strategies in Speaking English

Irfan Istigfar (2020) Introverted Students’ Challenges and Strategies in Speaking English. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)

Abstract

Keterampilan berbicara memiliki peran penting dalam melakukan komunikasi. Penelitian ini membahas tantangan yang dihadapi siswa introvert dalam berbicara bahasa Inggris dan strategi yang mereka gunakan untuk mengatasi tantangan tersebut. Dalam menjawab kedua rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memilih partisipan, peneliti menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data yang memilah partisipan apakah mereka introvert atau tidak. Empat partisipan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa introvert sesuai dengan hasil angket kepribadiannya. Dari hasil wawancara, penelitian ini mengungkapkan bahwa semua siswa introvert menghadapi berbagai tantangan dalam berbicara bahasa Inggris. Tantangan yang dihadapi siswa introvert dalam berbicara bahasa Inggris adalah lingkungan yang kurang mendukung, rasa takut, malu, gugup, dan kurang percaya diri. Selain itu, seorang siswa introvert juga memiliki strategi untuk mengatasinya. Yakni, mempersiapkan dan menghafal naskah, berpikir positif, dan berbicara di depan cermin. Strategi tersebut cukup untuk mengurangi masalah berbicara bahasa Inggris mereka.

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:26
Last Modified: 21 Oct 2021 03:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item
View Item