Munawaroh (2020) College Teachers English-Indonesia Code-switching in Teaching and Learning Process. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (652kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (807kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Bab I.pdf
Download (277kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (412kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Di Indonesia atau di sebagian besar negara Asia yang posisi bahasa Inggrisnya adalah bahasa Inggris sebagai bahasa asing, pengajaran bahasa Inggris merupakan tantangan besar bagi guru, sehingga banyak guru yang menggunakan alih bahasa sebagai strategi komunikasi untuk mengajar bahasa Inggris di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki mengapa pengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) menggunakan alih bahasa di kelas dan jenis pengalihan bahasa apa yang digunakan oleh guru EFL saat mereka mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan studi kasus kualitatif sebagai pendekatan penelitian. Untuk mengumpulkan data, wawancara dan observasi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di Universitas Swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua guru perguruan tinggi Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) yang memiliki pengalaman dalam menggunakan alih bahasa selama proses belajar mengajar. Temuan menunjukkan bahwa ada lima alasan untuk menggunakan alih bahasa dalam pengajaran dan pembelajaran EFL seperti mendiskusikan topik tertentu, pengajaran dan pembelajaran yang efektif, mengelola kelas, membangun hubungan sosial, dan mendorong siswa untuk lebih aktif di dalam kelas. Sedangkan berdasarkan observasi, penelitian ini menemukan bahwa tiga jenis alih bahasa digunakan oleh guru EFL saat mengajar di kelas. Jenis-jenis itu adalah pengalihan tag, pengalihan antar-sentensial, dan pengalihan intra-sentensial
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1679 |